Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - PT Pertamina EP (PEP) Aseet 4 menyerahkan bantuan mesin perontok padi dan jagung (Combine) kepada koperasi perdagangan industri dan USP Khikmah Varia Ladap (KVL) Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jum'at (26/10/2018). Acara penyerahan Cimbine tersebut berlangsung di pendopo Kecamatan Bangilan mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.15 WIB

Hadir dalam kegiatan ini, Cepu Field Manager Afwan Daroni, Asset 4 Legal & Relations (LR) Manager Ibnu Wardhana, dan Perwakilan SKK Migas Jabanusa Ahmad Salman. Sementara di kursi tamu undangan beberapa pejabat Forkopimka Bangilan dan tokoh masyarakat juga ikut hadir.

Asset 4 LR Manager, Ibnu Wardhana mengatakan, dengan diserahkannya mesin perontok padi dan jagung tersebut, diharapkan bisa memberi manfaat bagi ekonomi masyarakat Bangilan. Sehingga kehidupan mereka semakin sejahtera.

"Kami berharap dengan program CSR ini, bisa bermanfaat dan dapat meningkatkan produktivitas pertanian, serta membina kesejahteraan masyarakat," ujar Ibnu, sapaan akrabnya, Jum'at (26/10/2018).

Selain itu dengan kerjasama ini, pihak perusahaan berharap dukungan dari stakeholder setempat agar opersai berjalan lancar, baik, dan aman. Sehingga upaya untuk memenuhi kebutuhan Energi Nasional dapat berjalan maksimal.

"Semoga dengan bantuan CSR ini bermanfaat dan kerjasama kita dengan masyarakat semakin baik," ucapnya penuh harap.

Sementara itu, Cepu Field Manager Afwan Daroni mengkalim, perusahaan tidak bisa dilepaskan dari lingkungan ketika beroparasi. Untuk itu, sebagai wujud rasa syukur hasil produksi, perusahaan 'Plat Merah' itu menyerahkan mesin perontok padi dan jagung sebagai penunjang produksi pertanian.

"Sebagai komitmen awal, kita akan selalu mendukung program ekonomi kerakyatan," tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Camat Bangilan Deny Susilo Hartono mengapresiasi kepada PT Pertamina EP Asset yang telah memberikan bantuan alsintan untuk warganya. Pihaknya berujar, dengan bantuan Combine ini ekonomi masyarakat, khususnya petani akan semakin meningkat.

"Kami sangat berterimakasih kepada PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, atas bantuan yang diberikan. Ini program yang bagus untuk memasyarakatkan masyarakat Bangilan. Semoga ekonomi petani semakin meningkat," tukasnya.

Sementara itu usai menerima kunci secara simbolis, ketua Koperasi Khikmah Varia Ladap, Bop Rosyadi menyampaikan, akan semaksimal mungkin mengelola alat tersebut. Mesin perontok padi dan jagung tersebut nantinya bisa dimanfaatkan semua petani yang ada di Bangilan.

"Yang mengelola dari koperasi. Untuk sistem sewanya kita menyesuaikan di lapangan. Biasanya dengan hitungan Kwintal pembiayaannya," ucap Bop.

Pantauan blokTuban.com di lapangan, secara simbolis penyerahan kunci dilakukan oleh Ibnu, LR Manager Asset 4. Sedangkan penyerahan mesin ditandai dengan pemotongan pita oleh PT Pertamina EP Cepu Field Manager Afwan Daroni. [rof/ito]