Atasi Permasalahan Remaja, Dinkes Melakukan Konselor Sebaya

Repoter : Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Dalam rangka memenuhi kebutuhan remaja dan meningkatkan daya tahan remaja terhadap berbagai masalah kesehatan yang dialaminya, serta meningkatkan pengetahuan konseling kesehatan remaja, Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melakukan pertemuan konselor sebaya.

Plt Kadinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, di era millenial anak muda lebih cerdas,kreatif dan melek akan teknologi akan tetapi di sisi lain pergaulaan mereka yang bebas. Menimbulkan beberapa permasalahan seperti hamil diluar nika dan Nakortika,Pisikotropika dan Zat adiktif(NAPZA) untuk itu kita mengadakan konselor sebaya.

"Dengan pergaulan remaja saat ini yang cenderung bebas dan menimbulkan berbagai permasalahan untuk itu kita mengadakan acara ini dengan tujuan melakukan pelatihan remaja sebagai konselor untuk teman - temanya karena saat ini anak cenderung lebih terbuka dengan temanya dari pada dengan orang tuanya," ungkap Endah.

Harapannya acara yang dihadiri pelajar sekolah dan organisai yang ada di Kabupaten Tuban dengan adanya acara ini nantinya anak - anak yang melakukan pelatihan konselor dapat membantu teman - temanya yang terkena suatu masala. Selain itu, juga dapat mecegah temannya apabila ada yang ingin melakukan hal yang berdampak negatif.

Selain itu, Aang Sriwahzudi ketua pengurus komisariat(PK) PMII Universitas PGRI Ronggolawe dan sekaligus Ketua Himpunan Mahasisawa Ilmu Komunikasi(Himailkom) yang hadir sebagai peseta mengatakan adanya acara ini sangat bermanfaat khususnya bagi para remaja,dan juga para penggerak organisasi pemuda terkait sosialisasi gerakan hidup sehat. Harapanya semoga acara ini tidak berhenti sampai di sini,tapi juga harus ada follow up.

"Acara ini sangat bermanfaat bagi kita anak muda harapanya semoga acara ini tidak berhenti samapi disini tapu juga harus ada follow up,"ungkap Aang. [nid/ito]