4000 Santri Ikuti Mlaku Bareng Karang Taruna Senori

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sekitar 4000 santri di Kecamatan Senori membanjiri lapangan Senori, Minggu (21/10/2018). Mereka datang sejak pagi dengan pakaian olahraga berpeci dan berkerudung.

Kedatangan mereka ini ternyata untuk mengikuti Mlaku Bareng (Jalan Sehat) yang digelar oleh Karang Taruna Kecamatan Senori. Mlaku Bareng dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ini dengan garis start dan finish di lapangan Kecamatan Senori, Jalan Letda Sucipto, Baleono, Sendang, Senori, Kabupaten Tuban.

Ketua Karang Taruna Senori, Nur Cholis Maskuri kepada blokTuban.com mengatakan, kegiatan Mlaku Bareng di Kota Santri ini melibatkan lembaga pendidikan, pondok pesantren, dan Karang Taruna dari 12 desa yang ada. Rute Mlaku Bareng sendiri mengambil jarak tempuh sekitar 4 km dari Desa Sendang-Wanglukulon-Jatisari.

"Mlaku Bareng ini memang beda, sebab kita kemas sesuai khasanah lokal kota santri bekerjasama dengan MWCNU Senori beserta Banom," kata Maskuri, sapaan akrabnya.

Bos Rumah Makan Sate di wilayah kerja perusahaan Pertamina EP Asset 4 Tuban ini menambahkan, panitia telah menyiapkan beberapa hadiah menarik untuk bisa dibawa pulang. Namun bedanya dengan kegiatan di lain tempat, kupon Mlaku Bareng ini dibagikan dengan cuma-cuma.

"Kuponnya gratis. Ndak boleh jualan kupon oleh para sesepuh, karena momentumnya juga Hari Santri Nasioanl," ucapnya menambahkan.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, kegiatan ini digelar sangat kental aura santrinya. Rangkaian acara yang diprakarsai Karang Taruna ini anatara lain, Turnamen Bola, Istighosah, Mlaku Bareng, Upacara HSN, dan sorenya Pawai Taaruf. [rof/col]