Ingin Percantik Kemasan Produk, Bisa Datang ke Rumah Kemasan

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Pemeritah Kabupaten Tuban menyediakan rumah kemasan yang diharapkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tuban memanfaatkan fasilitas tersebut, agar produknya semakin menarik dan banyak diminati.

Berdasarkan data Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, jumlah UMKM saat ini berjumlah 29.000, dan paling banyak di sektor makanan dan minuman. Tentunya dengan jumlah tersebut mereka juga harus berlomba - lomba untuk mempercantik produknya agar semakin menarik.

"Saat ini di Tuban sudah ada rumah kemasan, bertujuan apabila pelaku UMKM ingin membuat kemasan produknya agar lebih menarik bisa langsung datang ke sana, karena produk apapun apabila kemasan luar kurang menarik konsumen tidak akan terpikat, dan juga di sana terdapat layanan konsultasi secara gartis," ungkap D.A.V Nugraha, Kabid pengembangan UMKM Diskoperindag.

Di rumah kemasan Pemkab Tuban menyediakan lima jenis mesin seperti pedal sealer, digital printing, vaccum sealer, vertical sealer dan sablon, yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengemas produk mereka secara gratis.

"Untuk saat ini kita belum bisa menfasilitasi secara full, dalam arti di rumah kemasan kami menyediakan desainer untuk membantu mendesain sesuai keinginan pemilik usaha, mesin produk dan konsultasi semua gartis, akan tetapi bahan baku bagi yang ingin mencetak masih harus membayar," ungkapnya. [nid/rom]