Viral Berita Penculikan di Soko, Ini Tanggapan Polisi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hari ini, Kamis (18/10/2018) media sosial (Medsos) diramaikan adanya berita penculikan di Wilayah Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Dalam pesan berantai yang diunggah di grup WhatsApp (WA) itu menyebutkan, dua anak dari Desa Rahayu nyaris jadi korban penculikan.

Di dalam pesan itu, kronologinya disebutkan jika dua anak itu akan diculik setelah melihat pertunjukan wayang, tadi malam. Beruntung mereka bisa lolos ketika akan dimasukkan ke dalam mobil pelaku.

Dalam pesan tersebut juga tertulis himbauan agar orang tua lebih waspada mengawasi putra-putrinya. Serta meminta para orang tua mendidik anaknya agar tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal.

"Assalamualaikum bpk/ibu agar lebih waspada dalam mengawasi putra putri kita. Di Rahayu Soko hampir ada kejadian penculikan 2 anak (Siswa SDN Rahayu,Soko kelas V) tadi malam habis isya' setelah anak pulang lihat wayang. Untung Si anak bisa lolos dari penculik yg hampir memasukkan mereka ke dalam mobil. Semoga putra putri kita selalu dilindungi Allah SWT.

Dg terdengarnya kejadian ini menghimbau kpd bpk/ibu agar menginformasikan kpd anak2, supaya tdk mudah percaya dg orang yg tidak dikenal dg iming2 uang/jajan/mainan dsb...

Melarang anak bermain jauh2 dr lingkungan rumah/pengawasan orang tua.

WA pada bpk/ibu guru apabila tidak dijemput sendiri.

Sekian informasi semoga bermanfaat," bunyi pesan tersebut yang berhasil dilansir blokTuban.com dari salah satu grup WA, Kamis sore.

Sementara itu, Kapolsek Soko, AKP Yudhi Hermawan saat dikonfirmasi wartawan media ini mengaku, tidak ada satupun laporan warga setempat tentang percobaan penculikan itu. Pihaknya juga berjanji akan mencari kebenaran informasi yang meresahkan masyarakat itu.

"Kok nggak ada laporan masyarakat. Kami akan mencari kebenarannya dulu tentang berita tersebut," ujar Polisi dengan pangkat tiga balok di pundaknya itu.

Ia juga berharap informasi ini tidak benar. Sebab pria ramah itu tidak ingin, masyarakat di wilayah hukumnya resah.

Perwira Polisi ini juga berharap kepedulian orang tua terhadap anak agar ditingkatkan. Jangan sampai terlepas pengawasan saat anak-anak asyik bermain atau bepergian.

"Kami sangat mengharapkan akan kepedulian orang tua terhadap putra- putrinya. Kita sebaya aparat dan orang tua, harus berusaha menghilangkan atau menjauhkan kejahatan dalam dunia anak," pungkasnya menandaskan. [rof/col]