Sempat Was-Was dengan Jembatan Widang, Polres Optimalkan Sosialisasi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kepadatan arus lalu lintas Widang-Lamongan, pada titik Jembatan Cincim Widang sempat menjadi perhatian lebih oleh sejumlah personil keamanan di Hauk Masyayikh Pondok Pesantren (PP) Langitan Widang.

Pasalnya, jembatan di sisi barat jalur arah Lamongan ke Tuban yang sebelumnya mengalami kerusakan, ambruk pada bagan jembatan namun telah dibangun dan dibuka kembali beberapa bulan yang lalu, dikhawatirkan terbebani volume kendaraan berlebihan oleh sejumlah kendaraan yang melintasi area PP Langitan.

Menyiasati hal tersebut, rupanya pihak keamanan dari Kepolisian Resor (Polres) Tuban telah jauh-jauh hari melakukan koordinasi dan sosialiasi kepada umum, hampir di berbagai wilayah birokrasi Jawa Timur.

"Kenapa kita tegaskan supaya arus kendaraan harus kondusif, sebab kita juga khawatir keadaan jembatan Widang yang baru jadi. Terbilang rawan, kalau-kalau terjadi penumpukan di atas jembatan. Bahkan, tadi pihak pengawas jembatan dan PJR sempat risau dan akhirnya datang ke lokasi langsung untuk cek keadaan," jelas KBO Polres Tuban, IPDA Jamhari ditengah aktivitasnya mengatur lalu lintas jalan lingkungan Pesantren Langitan, Kamis (18/10/2018).

Masih kata IPDA Jamhari, upaya koordinasi telah dikuatkan dengan wilayah Kabupaten Lamongan hingga wilayah Kabupaten Gresik. Jauh hari sebelum pelaksanaan Haul, penyebaran informasi juga telah dikirim untuk disebarluaskan kepada masyarakat umum lewat media masa berupa informasi radio beserta koordinasi wilayah keamanan lainnya.

"Dari Lamongan, Gresik, dan Surabaya pun sudah kita infokan melalui media masa. Di Tuban, malah lebih maksimal. Semua radio kita infokan," tambahnya.

Sementara waktu terus bergulir, puncak kepadatan arus pengunjung maupun rombongan Haul Ponpes Langitan tengah bertambah. Peziarah dan rombongan dari dalam maupun luar wilayah Tuban kembali memadati jalanan, ditambah lagi jam pulang kerja yang diselingi hiruk pikuk kendaraan angkut besar.

"Kita tetap berjaga sampai arus lalu lintas benar-benar normal. Alhamdulillah terus lancar, meskipun sedikit merayap. Sebab jam pulanh kerja dan pulangnya peziarah. Arus kendaraan juga kita urai dari beberapa arah," ucapnya.

Adapun penguraian arus lalu lintas yang disiasati oleh Polres Tuban, yakni dengan cara mengalihkan arus kendaraan dari barat diarahkan ke jalur Daendels Pantura. Sedangkan jalur timur dari Lamongan dibuka lebar-lebar untuk difokuskan ke agenda Haul PP Langitan.

"Dan untungnya lagi, pengendara dan pengguna jalan cukup memaklumi. Mereka paham jikalau agenda Haul di Langitan memang begitu padat," pungkasnya. [feb/col