Perbakin Tuban Siap Torehkan Prestasi Diajang Porkab dan Porprov

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa tahun terakhir ini Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Tuban mengalami vakum yang cukup lama. Kini Perbakin Tuban kembali dideklarasikan aktif dan siap mengikuti ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) 2018 dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Panitia Cabang Olahraga (Cabor) Menembak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban Muhaiminsah, menurutnya Perbakin Kabupaten Tuban saat ini telah mempersiapkan atlet Cabor menembak dalam rangka mengikuti Porkab dan Porprov mendatang.

"Kami siap mengikuti kejuaraan Porkab dan Porprov mendatang," terang Muhaiminsah saat ditemui blokTuban.com, Rabu (17/10/2018).

Lebih lanjut pria yang kerap disapa Gus Iim itu menyebutkan, untuk latihan bagi para atlet menembak sendiri selama ini Perbakin menyelenggarakanya di Lapangan Tembak Kompi 521 Tuban dan sudah diikuti sekitar 30 peserta yang rata-rata dari usia pelajar.

"Sudah ada sekitar 30 peserta, saat ini semuanya fokus di Porkab dan Porprov," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Porkab Tuban Fathul Amin mengatakan dalam Porkab tahun 2018 ini, pada cabor menembak pihaknya fokus penjaringan pada atlet pelajar, sedangkan kelas menembak yang akan dikompetisikan ada tiga kelas, pertama kelas Oklik 17 meter, Oklik Teleskop 27 meter dan PCP Teleskop 33 meter

"Target kami adalah untuk mencari bibit atlet menembak di Kabupaten Tuban untuk selanjutnya mengikuti kejuaraan pada Porprov mendatang," terang Fathul.

Dia juga mengaku akan terus menggali atlet di Kabupaten Tuban, karena selama ini banyak atlet asal Kabupaten Tuban yang berprestasi di kota lain sehingga diharapkan hal itu dapat diminimalisir dengan cara memberikan pembinaan-pembinaan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bambang Wahyudi, selaku Ketua Dewan Pelatih, menurutnya latihan rutin ini untuk mencari atlet menembak yang unggul di Kabupaten Tuban yang berprestasi selain itu juga untuk mempererat tali silaturrahmi dengan club-club menembak di Kabupaten Tuban agar bisa memiliki satu tujuan.

"Kita ingin mempersatukan club menembak yang ada di Kabupten Tuban untuk memiliki satu tujuan yaitu berprestasi dan bisa mengharumkan Kabupaten Tuban," pungkasnya. [hud/col]