Peringati Hari Batik, SMK Rengel Adakan Bazar dan Workshop

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Batik yang beberapa waktu lalu dirayakan oleh sejumlah instansi di Kabupaten Tuban, kali ini giliran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Rengel yang melakukan giat perayaan batik, Selasa (16/10/2018).

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 Wib pagi dengan dibuka langsung oleh Kacabdin Edy Sukarno, diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai kelas dan jurusan SMK Negeri Rengel.

"Selain dalam rangka hari batik, tujuannya untuk mengembangkan dan mengangkat potensi batik lokal Kabupaten Tuban, khususnya di Kecamatan Rengel," ujar Teguh Ardiansyah selaku Waka Humas SMK Negeri Rengel.

Kepada blokTuban.com pihaknya menambahkan, kegiatan tersebut juga dapat mengembangkan inovasi motif-motif batik baru khas Rengel. Adanya workshop bertajuk Pembatik Keunggulan Wilayah, bertujuan untuk memberikan pengertian macam dan jenis batik, motif dan corak, hingga strategi pemasaran lingkup umum. Selain workshop, sejumlah siswa perwakilan masing-masing jurusan juga membuat bazar makanan dan minuman, juga pameran batik dari siswa untuk  kemudian dijual.

Zaenal Abidin selaku pengisi workshop mengutarakan materi tentang seluk beluk batik tradisional maupun modern. Pengenalan alat dan bahan membatik secara tradisional dijabarkan dengan contoh gambar, yang kemudian bisa dipraktikan langsung oleh siswa.

"Disamping perkembangan teknologi, kita bisa melakukan bisnis pemasaran batik kepada investor umum," ujar Zaenal.

Lebih dari itu, dia menekankan kepada peserta workshop agar terus belajar mengembangkan ilmu yang selama ini digali pada proses pendidikan.

"Khususnya siswa jurusan Tata Busana, ini bisa jadi peluang bagus untuk mengembangkan karya dan produksi. Sehingga, lulus sekolah nanti bisa menangkap peluang yang ada," pungkasnya. [feb/rom]