Bupati Serahkan Bantuan Kapal Kepada Nelayan Miskin

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda menghadiri kegiatan temu usaha dan kemitraan pelaku usaha perikanan dan fasilitas penerapan standar sanitasi keamanan pangan di Posmawas Desa Gadon, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Tuban yang didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan (DPP) Kabupaten Tuban H. M. Amnan menyerahkan sebanyak 40 unit kapal 3 GT serta sebanyak 27 mesin berukuran 27 PK kepada nelayan di Kabupaten Tuban yang tergolong miskin.

"Ini adalah kegiatan dalam rangka mensejahterakan masyarakat terutama nelayan. Oleh karena itu kami apresiasi kegiatan ini, semoga kedepan ada tindaklanjut yang positif untuk kesejahteraan," terang Bupati Tuban dalam sambutanya, Selasa (16/10/2018).

Sementara itu, Kepala DPP Kabupaten Tuban mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para mitra usaha dibidang perikanan baik nelayan pengusaha maupun pengolah agar bisa saling bersinergitas dalam pengembangan sektor perikanan di Tuban.

"Kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Tuban untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban terutama dikalangan masyarakat nelayan," jelas M. Amnan.

Lebih lanjut, untuk syarat nelayan yang mendapatkan bantuan kapal sendiri adalah  nelayan yang tercantum sebagai masyarakat miskin dalam data PPLS 2011 di Kabupaten Tuban, sekaligus merupakan Anak Buah Kapal (ABK) atau yang tudak memiliki kapal sendiri.[hud/ito]