Sampah Berserak di Sekitar Pantai Ganggu Kenyamanan Pengunjung

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai salah satu spot wisata bahari, Pantai Cemara memiliki tingkat daya pikat pengunjung yang tinggi. Terkhusus pada akhir pekan, wisatawan dari luar Tuban banyak bersinggah di pantai tersebut.

Namun begitu, niat para pengunjung yang ingin bersantai menikmati deburan ombak dan semilir angin khas Pantai Cemara, kadang diselimuti pemandangan kurang elok, yakni sampah yang berkeliaran.

"Memang sih, kalau sekitar tempat santai atau gazebo sini cukup bersih. Tapi pas dekat pantai itu, sampahnya dimana-dimana ada. Dari ujung sampai ujung banyak," ujar salah satu pengunjung asal Bojonegoro, Syah kepada blokTuban.com, Sabtu (12/10/2018).

Ditambahkannya lagi, meskipun ramai dan sering dikunjungi wisatawan, hendaknya pengelola tempat wisata untuk lebih meningkatkan kebersihan sekitar pantai.

"Bak sampah di sekitar pantai juga ada padahal, tapi kok masih ada saja sampah liar. Harusnya sih nggak hanya pengelola, tapi pengunjung yang juga harus menjaga kebersihan," pungkasnya.

Sementara itu salah satu pedagang di lokasi wisata setempat mengungkapkan, bahwa setiap hari telah ada petugas piket kebersihan yang membersihkan sampah berserak sekitar pantai.

"Setiap pagi selalu dibersihkan, ada jadwalnya kok. Tapi kalau orangnya itu-itu saja yang bersihin ya gak maksimal. Pantai ini luas kok, jadi perlu kesadaran lebih dari semua orang yang ada di pantai ini," kata Mbak Tun, pedagang yang juga sebagai anggota pengelola wisata Pantai Cemara. [feb/ito]