Mati Lampu, Rumah Warga Montong Terbakar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebuah rumah warga Dusun Kerok, Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban ludes dilalap si jago merah, Jum'at (12/10/2018) petang. Musibah yang menimpa Tarsu Harno (35) diduga bersumber dari lilin.

Kapolsek Montong, AKP Noersento, Sabtu (13/10/2018) menjelaskan, kebakaran yang terjadi di RT. 20 RW. 03 Dusun Kerok, Desa Montongsekar ini bermula saat terjadi mati lampu. Sebelum rumahnya terbakar, pada pukul 20.30 Wib, korban menyalakan lilin dengan alas piring plastik untuk menerangi rumahnya.

Saat lilin dalam kondisi menyala, lanjut Noersento, kemudian ditaruh di atas lemari plastik dan ditinggal keluar rumah. Menurut keterangan korban, ia pergi ke rumah keluarganya yang di dusun Topar, Desa Talangkembar.

"Api diduga dari lilin yang meleleh hingga membakar almari yang terbuat dari plastik tersebut," kata Noersento kepada wartawan media ini, Sabtu siang.

Api yang semakin membesar, karena bahan yang mudah terbakar, akhirnya menghanguskan sebagian rumah yang terbuat dari dinding tembok dan beratapkan genteng tersebut. Akibatnya, rumah dengan panjang 12x3 meter tersebut atapnya rusak parah.

Kejadian nahas ini sontak membuat panik warga. Petugas dari Firkopimka Montong pun ikut berjibaku memadamkan api bersama warga.

Beruntung, berkat kerja sama warga dan adanya pemadam kebakaran dari Kabupaten Tuban, api dapat dijinakkan. Sehingga tidak merambat ke rumah warga lainnya.

Akibat kebaran rumah tersebut korban mengalami kerugian material kisaran Rp10 Juta (Sepuluh Juta rupiah). "Barang berharga dan surat-surat penting berupa Kartu BPJS, akte tanah dan surat berharga lainnya, ludes," pungkas Kapolsek. [rof/ito]