Gempa Situbondo, BMKG: Getaran Terasa di Tuban Hingga 2-3 MMI

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gempa Bumi dengan kekuatan 6,2 SR yang berpusat di laut utara Situbondo Jawa Timur, pada Kamis (11/10/2018) dini hari, turut dirasakan hampir diseluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Tuban.

Getaran tersebut terasa di Kabupaten Tuban sampai 2-3 Modified Mercalli Intensity (MMI) atau setara dengan getaran kecil. Dan itu dirasakan beberapa detik oleh sebagian masyarakat dibeberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

"Getaran gempa terasa sampai di Tuban antara 2 hingga 3 MMI," terang Kepala Kelompok Observasi dan Teknisi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban, Andrie Wijaya saat ditemui blokTuban.com.

Kepala Kelompok Observasi dan Teknisi (BMKG) Tuban tersebut mengatakan, pusat gempa bumi tersebut terletak di Koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT atau tepatnya berada di 61 km sebelah timur laut Situbondo, Jawa Timur.

"Pusat titik gempa hingga di Tuban jaraknya 274.08 Km," pungkas Andrie.

Sementara itu, salah satu warga Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Sulani mengaku merasakan adanya getaran gempa. Hal itu membuat ia terbangun dari tidur dan keluar dari rumah.

"Saya merasakan adanya adanya getaran,” tutup Sulani.[hud/ito]