Petani Diuntungkan Harga Jagung Tembus Rp4.600

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebagian besar tanaman jagung di Kabupaten Tuban memasuki masa panen. Patani dapat bernapas lega, sebab harga jagung saat ini terpantau tinggi.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, di tingkat petani harga jagung berada di kisaran Rp4.500 hingga Rp4.600 per kilogram (kg). Dengan kondisi tersebut, petani mengaku masih untung.

"Sudah lumayan untung, karena sampai saat ini masih bertengger Rp4.500 per kilogram, belum ada penurunan," kata ketua KTNA Kecamatan Montong, Supandar kepada blokTuban.com, Selasa (9/10/2018).

Di tambahkan dia, saat ini petani yang sedang panen jagung tersebar di wilayah Talun, Jetak, Pucangan, Pakel, Montong, Talangkembar, dan Sumurgung. "Siang ini tadi ada 7-10 ha tanaman jagung yang dipanen," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban, Murtadji mengungkapkan, di sebagian tempat harga jagung di tingkat petani tembus Rp4.600. Jumlah luas tanam jagung yang akan dipanen mencapai 7.000 Ha lebih.

"Harga jagung cukup bagus, di petani Rp4.600 per kilogram untuk proyeksi panen jagung di Kabupaten Tuban pada bulan Oktober ada 1007 Ha," imbuhnya. [rof/col]