Desa Menilo Tak Tersentuh Bantuan, BPBD: Kami Tak Terima Laporan

Reporter: Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan desa-desa yang berada di Kabupaten Tuban mengalami kekeringan termasuk Desa Menilo yang berada di Kecamatan Soko. Desa tersebut mengalami kekeringan yang mengakibatkan sumur pribadi milik warga mengering.

Hanya tinggal beberapa titik sumber umum yang bisa di manfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Alhasil warga harus mengantre di sumur pompa umum untuk mendapatkan air bersih. Meski begitu, warga mengaku belum mendapat bantuan air bersih dari pemerintah.

Terkait hal ini Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban angkat bicara melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Gaguk Hariyanto, pihaknya belum mendapatakan laporan terkait Desa Menilo yang mengalami kekeringan.

"Hingga saat ini belum ada laporan dari desa terkait yang mengalami kekeringan, apabila desa tersebut mengalami kekeringan segera mengirim surat dengan mengetahui Camat setempat," ungkap Gaguk.

Apabila desa yang mengalami kekeringan belum memberikan laporan berupa surat ke BPBD pihak BPBD belum bisa untuk mendropping air bersih di karenakan Standard Operating Procedure (SOP) seperti itu.

"Karena SOP seperti itu surat menjadi dasar kami untuk melakukan dropping air,"ungkapnya. [nid/col]