16:00 . Ketua Umum Demisioner Janjikan Pembuatan KTA Mulai Besok   |   15:00 . Harga Cabai Melonjak Tajam, Masyarakat Resah   |   14:00 . Larung Abu di Laut   |   13:00 . Di Tuban Ada 187 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak   |   12:00 . Peserta Teatrikal Distop Polisi Saat Kenakan Seragam Mirip Polwan   |   11:00 . Aktivis Tuban Desak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Disahkan   |   10:00 . Abu Jenazah Warga Malang Dilarung di Laut Tuban   |   09:00 . BPD Mendapat Bimtek   |   08:00 . Semen Indonesia Ajak Cintai Lingkungan Lewat Mading   |   07:00 . Jangan Makan 4 Bagian Ayam Berikut Demi Kesehatan   |   22:00 . Hasil Klasemen Liga 2 Indonesia Jatim   |   20:00 . Upayakan Air Bersih, PRKP Adakan 2 Sumur Bor di Grabagan   |   19:00 . Razia Karaoke Ilegal, 3 PL Diamankan   |   18:00 . Selama Porprov, Pengunjung Wisata Capai 12 Ribu Lebih   |   17:00 . Awal Pembentukan Komisariat, IPNU-IPPNU Soko Beri Materi Kepemimpinan   |  
Thu, 18 July 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 08 October 2018 14:00

Grebek Produksi Arak, Pemilik dan Ratusan Liter Arak Diamankan

Grebek Produksi Arak, Pemilik dan Ratusan Liter Arak Diamankan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tim Saber Miras Polsek Semanding, Polres Tuban kembali melakukan penggrebekan tempat produksi Minuman Keras (Miras) jenis arak yang beroprasi di Dusun Jarum, Desa Prunggahankulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Dalam penggrebekan itu, petugas berhasil menangkap seorang laki-laki bernama Sukoyo (40) warga RT/01 RW/18 Dusun Jarum, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding yang tidak lain adalah pemilik tempat produksi serta ratusan liter baceman arak dan ratusan liter arak siap edar.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, sebelumnya rumah pelaku pernah di sewa Ali Rohmad salah satu bos arak yang saat sedang menjalani proses sidang UU Pangan di Pengadilan Negeri (PN) Tuban.

Dari pengalaman sering menyaksikan cara proses pembuatan arak, pelaku akhirnya mencoba memproduksi minuman haram itu dengan modal kurang lebih Rp9 juta, untuk membeli dua dandang, dua kompor Rp1,5 juta dan bahan lainnya senilai total Rp9 juta.

"Hasil produksi arak jadi siap edar sudah ada orang yang pesan, untuk satu dus arak yang berisi 12 botol diambil tengkulak dengan harga 500 ribu. Namun belum sampai dijual atau diambil pelaku sudah ditangkap," terang Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo, Senin (8/10/2018).

Lebih lanjut dalam menjalankan bisnisnya itu modus operandi, pelaku dengan sengaja memproduksi minuman beralkohol jenis arak jawa di dalam rumah tempat tinggalnya yang berada di RT/01 RW/18 Dusun Jarum, Desa Prunggahankulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

"Pelaku sengaja memproduksi minuman beralkohol jenis arak jawa di dalam rumah yang ditempatinya," jelasnya.

Dari penggrebekan itu, perugas berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) 18 dus arak Jawa yang berisi 324 liter, 2 jerigen arak Jawa yang berisi 60 liter, arak siap edar 384 liter, baceman 3 drum 600 liter, 2 dandang berbentuk bulat, 10 Gas LPG ukuran 3 Kg 2 kompor gas, 1 mesin filter, 1 gendong warna merah serta 3 gendong warna biru.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya, pelaku dikenakan Persangkaan melanggar Pasal 135 jo Pasal 71(2) dan pasal 140 jo pasal 86(2) UU no 18 th 2012 tentang Pangan atau Pasal 204 Ayat (1) KUH Pidana.[hud/ito]

Tag : arak, prunggahankulon, semanding, grebek

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more