Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Janda tua warga Dusun Badekan, RT/RW 02/06 Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Mbah Samini saat ini bisa sedikit lega, sebab keluh kesahnya selama sembilan tahun tak tersentuh bantuan pemerintah akan segera tertangani.

Diberitahukan sebelumnya, Mbah Samini adalah janda pas-pasan dan tergolong warga tak mampu yang hidup seorang diri sejak suaminya meninggal. Untuk menyambung hidup, dirinya berjualan lontong diruang sempit bagian depan rumahnya, selama itu juga dirinya sama sekali tak pernah mendapat uluran bantuan apapun dari pemerintah.

Saat dikonfirmasi awak media, Kepala Desa Sokosari, Edi Purnomo mengatakan bahwa pihak Pemerintah Desa (Pemdes) sudah mendatangi kediaman Mbah Samini guna melakukan pengecekan sebagai bahan referensi pengajuan bantuan nanti.

"Perangkat kami sudah datang kesana mengecek keadaan Mbah Samini untuk memastikan. Dan selanjutnya, kita ajukan sebagai data penerima bantuan," ujat Kades Sokosari.

Saat ditanya perihal mengapa Mbah Samini selalu luput dari pantauan Pemdes setempat, Kades menyatakan bahwa hal tersebut bukanlah kesengajaan. Sebab, Mbah Samini dulu pernah tinggal bersama anaknya dan masuk dalam kategori keluarga mampu.

"Dulu masih tinggal sama anaknya dan memiliki penghasilan diatas rata-rata. Sebab memiliki lahan pertanian yang lumayan luas, jadi tidak masuk prioritas. Karena kami tidak mengetahui kalau sudah tinggal sendirian," terangnya.

Lebih lanjut, Kades Sokosari menyampaikan harapannya agar pengajuan Mbah Samini, janda dhuafa nan kurang mampu sebagai penerima bantuan dapat segera terealisasi dengan cepat.

"Segera kita ajukan, dan Dinas terkait yang memutuskan. Semoga secepatnya Mbah Samini bisa tersentuh oleh bantuan," pungkasnya. [feb/col]