Gandeng Infid, LAZISNU Tuban Gelar TOT Penyusunan Database

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dengan menggandeng International NGO Forum on Indonesian Development (infid), Pengurus Cabang NU CARE-LAZISNU Kabupaten Tuban menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) penyusunan database programming. Hal ini dilakukan untuk pencapaian sustainable development goals (SDG's) di Tuban.

Kegiatan dengan sasaran kader UPZIS LAZISNU tingkat Kecamatan ini berlangsung satu hari di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Salafiyah Kholidiyah Plumpang, Tuban, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (6/10/2018).

"Goal dari kegiatan ini agar kader mampu menyusun program database berbasis warga, yang akan dilakukan oleh masing-masing UPZIS di tingkat kecamatan," kata PC UPZIS Lazisnu Kabupaten Tuban, Muhtarom Husnan di lokasi TOT, Sabtu (6/10/2018).

Harapan Muhtarom, sapaan akrabnya, kader LAZISNU yang hadir dapat menjadi trainer penyusunan database di 20 UPZIS LAZISNU kecamatan yang ada di Bumi Wali. Tujuannya, sehingga sasaran mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat) ini berbasis data.

"Tujuannya mengukur kriteria warga dari bawah ke atas secara rinci. Sehingga tidak salah sasaran ketika akan menyerahkan hasil pengumpulan zakat, infaq, dan shodaqoh," imbuhnya.

Ditambahkan Muhtarom, kehadiran LAZISNU ini untuk merubah status sosial warga. Sehingga yang semula sebagai mustahik menjadi munfiq dan muzakki (orang yang dikenai kewajiban membayar zakat).

"Hadirnya LAZISNU diharapkan bisa merubah keadaan hidup warga yang semula lemah bisa berdaya," pungkasnya. [rof/rom]