MTs Negeri Tuban Kunjungi Pameran Gumregah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain memiliki makna sebagai kebangkitan bersama sekaligus tolak ukur dalam pandangan Kota Tuban di masa depan melalui kesenian, Pameran Seni Tupa Tuban Gumregah juga dapat sebagai tambahan motivasi belajar para generasi muda yang masih berproses, baik dalam konteks umum, mahasiswa, sampai pelajar.

Seperti yang terlihat Rabu (3/10/2018) siang tadi misalnya. Sejumlah murid dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Tuban tengah berbondong, memadati pameran seni rupa yang dipusatkan di Gedung Budaya Loka Tuban.

Kedatangan mereka secara serentak adalah dalam rangka study ekspansi seni budaya, dengan memaksimalkan agenda pameran yang rutin tiap tahun diadakan dalam bingkai Tuban Art Festival (TAF) oleh Dewan Kesenian Tuban (DKT).

"Senang sekali bisa berkunjung dan belajar kesini. Ini baru pertama kali kesini, dan dapat tugas kesenian dari guru kita," ucap Eka Nur S, salah satu siswi kelas VIII B MTs Negeri Tuban.

Dia juga mengaku baru pertama kali mendatangi pameran seni rupa di Budaya Loka itu. Adapun agenda serupa, namun dikemas lebih minimalis digiatkan oleh sekolah, yakni pameran seni. Akan tetapi, pengalaman datang dan bertemu langsung dengan pelukis maupum pencipta karya seni adalah kegembiraan tersendiri bagi dia beserta kawannya.

"Jadi disini kita lihat karya seni dan memotretnya. Kemudian, dikumpulkan data gambar dengan judul dan nama pembuat karya," tambahnya.

Senada yang dipaparkan oleh Labibah Nadia A, gadis berusia 15 tahun itu mengaku jika sangat suka dan betah berada dal pameran seni rupa Gumregah tersebut. Banyak karya seni lukis jenis digital painting, Abstrak, Ekspresionis, Kaligrafi, Lanskap, hingga seni patung dam instalasi bisa dipelajarinya dari sana.

"Jadi pengen busa buat lukisan dan seni rupa semacam ini. Semoga tahun depan bisa ada lagi, dan lebih bagus," ungkap siswi yang kerap disapa Labibah itu.

Salah satu seniman perupa lukis, Robert Santari mengaku bangga dan mengapresiasi siswa-siswi yang telah berkunjung ke pameran. Kegiatan positif dalam pbelajaran seni budaya daerah dengan dipadukan study ekspensi, akan membawa dampak wawasan seni rupa yang lebih bagi peserta didik.

"Mereka akan tahu dunia kesenian, khususnya lukis. Kunujungan meteka adalah nilai edukasi yang harus sering digiatkan. Sebab, kunjungan anak-anak ini bisa membangun apresiasi seni lukis jangka panjang," jelas Robert kepada blokTuban.com. [feb/ito]