Tuban Targetkan 4 Besar di MTQ Tingkat Propinsi Tahun 2019

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kabupaten Tuban akan menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Propinsi Jawa Timur (Jatim) tahun depan (2019). Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein saat penutupan MTQ tingkat Kabupaten Tuban XXVIII.

Menurut Noor Nahar, momentum MTQ tingkat kabupaten tahun ini bisa dijadikan pembelajaran dan persiapan untuk menggelar MTQ tingkat propinsi yang akan datang. Ia ingin Tuban seperti Indonesia saat menjadi tuan rumah Asian Games beberapa waktu yang lalu.

"Kita sudah siap jadi tuan rumah. minimal kaya asian games lalu, Tuban bisa diurutan 4 besar. Maka perlu persiapan intensif," kata Wakil Bupati dua periode ini, di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Senin (1/10/2018) malam.

Di tambahkan orang nomer dua di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban ini, MTQ tingkat Propinsi tahun 2017, Tuban di posisi ke 16 dari 38 Kabupaten atau Kota. Untuk semua elemen diminta untuk membantu mempersiapkan sumber daya manusianya.

Masih Noor Nahar, standar kualifikasi kafilah MTQ Tuban ini memang ada yang sudah rata-rata Jatim. Namun, secara keseluruhan masih banyak kekurangan kualifikasi standar di bawah Jatim.

"Sukses pelaksanan menurut kami mudah. Justru yang kita khawatirkan dan jadi prioritas sukses prestasi," imbuhnya.

Untuk itu pihaknya berharap, juara umum MTQ Tuban XXVIII harus dipantau terus. Di samping itu, kualitasnya harus ditingkatkan, sehingga tidak hanay jago kandang tapi harus jago di Jatim.

"Kita pantau juara umum. Harus diperkuat kualitasnya untuk jadi juara Jatim bukan hanya juara kandang. Waktunya setahun harus kita siapkan," pungkasnya. [rof/ito]