22:00 . DPT-HP Tahap II Naik 0,01 Persen   |   21:00 . Terjerat Kasus Pengroyokan, Usai Akad Nikah Pria Ini Kembali Dibui   |   20:00 . Komunitas Tuban Today, Gotong Royong untuk Misi Sosial   |   19:00 . Hari Pertama, Peserta Tes SKD hanya 21 Orang yang Lolos Passing Grade   |   18:00 . Sah Jejaka dan Perawan Menikah   |   17:30 . Bupati Berharap Kilang Rosnef Segera Terealisasi   |   17:00 . Pakai Gas untuk Melaut, Nelayan Mengaku Lebih Irit   |   16:30 . Nelayan Tuban Terima Bantuan Mesin Perahu dari Menteri ESDM   |   16:00 . Menteri ESDM Serahkan 200 Paket Konverter Kit ke Nelayan Kecil   |   15:00 . Mantab...! Cobain Becek Togek Khas Pohan   |   14:00 . Jejaka dan Perawan Tua Ini Menikah di Hari Jadi Tuban   |   13:00 . KPUD Tuban Tetapkan DPT-HP Tahap II Sebanyak 940.284   |   12:00 . Wajib Tau! Pilih Ban Jenis Rainy untuk Musim Hujan   |   11:00 . 12 Pasang Pengantin jalani Nikah Masal   |   10:00 . Begini Sejarah Holcim di Indonesia   |  
Wed, 14 November 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 28 September 2018 08:00

4 Tahun Terakhir, PA Terima 52 Kasus Asal Usul Anak

4 Tahun Terakhir, PA Terima 52 Kasus Asal Usul Anak

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Dalam jangka empat tahun terakhir ini Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Tuban, menerima 52 kasus ajuan asal usul anak.

Membicarakan asal usul anak, tentu berkaitan dengan peristiwa hukum yang mendahuluinya, yang terkadang adalah suatu hal yang negatif, karena merupakan suatu pengingkaran terhadap kelahiran anak itu sendiri, disamping hal lain karena adanya suatu perkawinan yang tidak terdaftar secara resmi di Kantor Urusan Agama, namun telah dilaksanakan secara siri.

Kenyataan dalam masyarakat sering seperti itu, seolah ada anggapan kalau perkawinan sudah sah secara agama maka dirasakan cukup. Tapi di sisi lain ketika berhadapan dengan kepentingan anak dari segi pembuatan akta kelahiran sebagai bukti yang sah secara hukum, mengharuskan mereka (justiable) untuk mengajukan ke lembaga yang berwenang, dalam hal ini bagi yang beragama islam adalah ke Pengadilan Agama.

Hakim sekaligus humas pengadilan agama, Anshor (65) mengatakan, untuk kasus anak yang lahir di dalam nikah siri dan ingin anaknya mendapatkan akta lahir bisa mengajukan asal usul anak.

"untuk anak yang terlahir dari pernikahan siri dan ingin mempunyai akta lahir bisa mengajukan ke PA, nantinya setelah PA memutuskan, anak dari pernikahan siri tersebut bisa mendapatkan akta lahir dengan keterangan binti ayahnya," ungkpanya.

Anshor juga menambahkan, untuk mengajukan asal usul anak juga diperlukan persyaratan yang lengkap, maka dari itu tidak semua yang mengajukan akan diputuskan, apabila persayaratan mereka kurang.

"Kalau ingin mengajukan harus dengan persyaratan yang lengkap. seperti saksi nikahnya siapa dan walinya siapa, apabila hal tersebut tidak ada, maka akan ditolak oleh PA," ungkap Anshor. [nid/rom]

Berikut Rincian Kasus Asal Usul Anak:
- 2015 kasus ajuan dan sudah diputus ada 19
- 2016 ajuan 15 dan 9 kasus sudah diputus
- 2017 jumlah ajuan 12 dan putusan 6 kasus
- 2018 (Januari-Agustus) jumlah ajuan dan diputus ada 6 kasus.

Tag : anak, asal usul anak, pa, pengadilan agama, kasus

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:00

    Gowes 3Th blokTuban.com Berkarya dan HJT ke-725

    Dirut BMG Canangkan Gowes Jadi Bagian Program HJT

    Dirut BMG Canangkan Gowes Jadi Bagian Program HJT Di bawah naungan blokMedia Grup (BMG),  blokTuban.com telah 3 tahun lebih mempersembahkan berbagai sajian informasi di Bumi Wali, Kabupatem Tuban. Pada rangkaian menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, juga dikemas...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more