Validitas Data, 45 Diniyah di Kecamatan Soko Diverifikasi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Terhitung sejak Selasa (25/9/2018) kemarin, seluruh lembaga Diniyah yang berada di wilayah birokrasi Kecamatan Soko tengah dilakukan verifikasi. ‎Dalam hal itu, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Tuban akan melakukan beberapa peningkatan administrasi lewat validasi calon siswa, dan guru Diniyah.

Pelaksanaan verifikasi lapangan ‎yang berintikan tentang calon penerima bantuan hibah pendidikan Diniyah dan guru swasta 2019 tersebut, nantinya akan terus bergulir hingga tanggal 10 Oktober 2018 mendatang, dengan melibatkan total keseluruhan 45 lembaga Diniyah.

Berdasarkan data lapangan yang dihimpun dari Sekretariat ‎ FKDT Kecamatan Soko melalui tim verifikasi, M. Samirun menjelaskan jika program tersebut bertujuan untuk memvalidasi ulang data kelembagaan.

‎"Selain validasi data, tujuan lainnya agar administrasi lembaga lebih baik. Seperti buku induk, absensi guru, absensi siswa dan perangkat lain turut melengkapi," ujar Samirun ketika dikonfirmasi blokTuban.com melalui jaringan seluler, Rabu (26/9/2018).

Masih kata Samirun, pihaknya juga mengaku telah merumuskan penjadwalan verifikasi. Sedikitnya 4 lembaga Diniyah sekitar Desa Mentoro dan Desa Prambontergayang Kecamatan Soko kemarin telah dilakukan pendataan‎.

"Hari ini kita lakukan ‎verifikasi di sekitar Pandanagung, Roudlotul Jannah salah satunya, dan juga sekitar Sokosari, seperti Diniyah Baiturrohim," tambahnya.

Dari hal itu, para Kepala Madin, Penanggungjawab Paket B dan Wajar Dikdas juga dihambau supaya mempersiapkan dokumen penunjang. Adapun selain verifikasi lapangan calon penerima bantuan hibah pendidikan Diniyah Takmiliyah, Paket, dan Wajar Dikdas 2019, validasi juga dilakukan terhadap calon siswa dan guru Diniyah Takmiliyah, paket dan Wajar penerima Bosda madin 2019. [feb/ito]