Suasana Sejuk, Ada Pohon Baca di FISIP Unirow

 

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Untuk membangun minat membaca di kalangan civitas akademika, terdapat pohon baca di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP ) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban.

Dekan FISIP Unirow, Satya Irawanti Ningrum,M.I.Kom mengatakan, awalnya ide untuk membuat pohon baca lantaran banyak pohon rindang yang adadi sekitar gedung FISIP.

"Memanfaatkan pohon yang berda di sekitar gedung FISIP kebetulan rindang jadi tercetus ide untuk membuat pohan baca sebenarnya pohon baca ini juga hampir sama kayak perpustakaan yang berada di gedung, bedanya dibentuk outdoor," ungkapnya.

Selain itu pohon baca bertujuan agar mahasiswa mendapatakan suasana baru yang biasanya perpustakan monoton di ruang dan dilarang berisik, pohon baca berada di tempat outdoor sehingga mahasiswa lebih santai dan juga bisa digunkan untuk berdiskusi.

"Pohon baca ini bersifat santai dan have fun sehingga pohon baca ini juga bisa digunakan untuk tempat diskusi," ungkap Ira.

Menurutnya, konsep pohon baca sudah ada sekitar satu tahun yang lalu. Tak hanya menciptakan suasana sejuk, para pegiat baca juga bisa santai dengam membuat teh maupun kopi karena telah tersedia dispenser. Perlu diketahui buku-buku yang dipajang di pohon baca ini berasal dari dosen dan mahasiswa FISIP.

Terdapat berbagai buku dari novel, pengetahuan tentang ilmu komunikasi, politik dan tentang pembudidayaan tanaman. [nid/lis]