BMG Punya Dua Wartawan Utama

Reporter: Parto Sasmito
 
blokTuban.com - Blok Media Group (BMG) yang membawahi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com punya dua wartawan dengan kompetensi Utama. Hal itu dipastikan dua perwakilan BMG; Chief Executif Officer (CEO) BMG, Muhammad Abdul Qohhar dan Pemimpin Redaksi blokTuban.com, Sri Wiyono dinyatakan berkompeten dan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 24 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur.

Abdul Qohhar dan Sri Wiyono menjadi bagian dari 38 wartawan yang dinyatakan berkompeten di angkatan 24. Sebab, dari 41 peserta UKW ada 3 wartawan yang dinyatakan belum kompeten sehingga belum lulus UKW.

“blokBojonegoro.com dan blokTuban.com tidak main-main untuk menjadi media profesional di era Milenial. Mengikuti uji kompetensi dan dinyatakan kompeten dan lulus UKW adalah salah satu fokus untuk meningkat profesionalistas media kami,” kata Mas Koko, sapaan karib CEO BMG, Muhammad Abdul Qohhar.

Mas Koko dan Ono sapaan akrab Sri Wiyono ikut dalam kelas utama di UKW tersebut. Di angkatan 24 itu, UKW kelas utama hanya diikuti 4 peserta, selaian Mas Koko dan Ono ada peserta dari Surabaya dan Malang, masing-masing satu orang. Kompetensi Utama merupakan kompetensi tertinggi wartawan. Sebelum sampai jenjang Utama, harus lebih dulu lulus jenjang Madya. Sebelum Madya harus melalui jenjang Muda.

“Sekarang sudah lengkap struktur wartawan bersertifikasi kompeten di BMG. Sebelumnya, di tingkat reporter hampir semuanya telah mempunyai kualifikasi Muda dan editor Madya,” tambah wartawan senior yang juga Koordinator Daerah (Korda) Mataraman, Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Dengan tambahan dua wartawan jenjang Utama ini, lanjut dia, sudah lengkap jajaran redaksinya, yakni reporter dengan kompetensi wartawan Muda, editor kompetensi Madya dan pimpinan redaksi kompetensi Utama. “Bisa jadi di eks Karisidenan Bojonegoro, media kita yang paling lengkap ketaatan akan kompetensi wartawan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, setiap ada UKW manajemen (BMG) yang membawahkan blokBojonegoro.com dan blokTuban.com selalu mengirimkan bagian redaksi menjadi peserta. Termasuk saat UKW Sabtu (22/9/2018) hingga Minggu (23/9/2018) yang digelar pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur di graha A. Azis, Balai Wartawan Jalan Taman Apsari, Kota Surabaya. Dda dua perwakilan BMG Mas Koko dan Ono menjadi peserta.[ito/ono]