BANSER Singgahan Baksos Bersihkan Makam Mbah Jabbar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Namanya saja Barisan Ansor Serbaguna (BANSER). Artinya dalam kondisi dan situasi apapun, pasukan elit Nahdlatul Ulama (NU) ini selalu siap siaga.

Seperti yang ditampilkan Satuan Koordinasi Rayon (SATKORYON) Barisan Banser Singgahan, ini. Di hari libur Minggu (23/9/2018) mereka menggelar bakti sosial di wilayah Nglirip Desa Mulyoagung.

Sejak pagi, puluhan anggota BANSER tersebut berjibaku membersihkan area makam Waliyullah Mbah Abdul Jabbar. Kebetulan, beberapa hari ke depan di lokasi tersebut akan dilaksanakan haul.

Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Singgahan, Ahmad Lutfi  kepada blokTuban.com menuturkan kegiatan bersih makam ini dilakukan untuk menyambut haul mbah Abdul Jabbar ke-56, yang akan berlangsung pada Rabu dan Kamis (26-27/9/2018) mendatang.

"Ini tadi giat Baksos menjelang Haul Mbah Buyut Abdul Jabbar," kata Lutfi, sapaan akrabnya, Minggu (23/9/2018).

Ditambahkan Lutfi, kegiatan sosial tersebut dilaksanakan guna memupuk rasa kebersamaan dan kegotongroyongan. Sebab, hal ini merupakan sebagian dari amalan menjaga tradisi NU.

"Selain Ngalap Barokah (mencari berkah) kegiatan ini dilakukan untuk menjaga tradisi NU, meningkatkan gotong royong dan menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan," ucapnya menambahkan.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, 57 personil BANSER diturunkan untuk membersihkan tanaman liar di sekitar makam. Mereka saling melengkapi bahu membahu membersihkan sampah agar area makam tampak bersih. [rof/ito]