41 Wartawan Ikut UKW, 3 Dinyatakan Belum Kompeten

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Dari 41 wartawan yang mengikuti  uji kompetensi wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim), tidak semuanya dinyatakan lulus .

Pada UKW angkatan 24 untuk PWI Jatim dan 336 untuk nasional yang digelar di graha A. Azis kantor PWI Jatim di Jalan Taman Apsari Surabaya pada 22-23 September 2018 ini, 3 wartawan belum lulus. Artinya, dinyatakan belum berkompeten.

Menurut Koordinator UKW PWI Jatim, Djoko Tetuko, Minggu (23/9/2018), UKW diikuti  41 peserta,  yakni 1 kelas untuk kategori Utama, 4 kelas untuk kategori Madya dan 5 kelas untuk kategori Muda. 

"Dari 41 peserta itu, 3 peserta dinyatakan belum kompeten," tambah Djoko Tetuko.

Ketua PWI Jatim, Achmad Munir menambahkan, untuk peserta yang dinyatakan kompeten agar terus menjaga kompetensinya dengan bersikap profesional. "Jagalah marwah organisasi dan wartawan dengan bersikap profesional" pesan dia.

Direktur Pemberitaan LKBN Antara ini meminta bagi peserta yang belum kompeten untuk tidak berputus asa dan harus mencoba lagi sampai dinyatakan kompeten. " PWI Jatim akan menggelar UKW lagi di Madiun tak lama lagi," katanya.

Sementara Rajab Ritonga perwakilan PWI Pusat mengatakan kompetensi wartawan sangat penting di era keterbukaan seperti saat ini. Kompetensi bisa menjadi alat untuk bersaing di era industrialisasi pers seperti saat ini.

"Di era keterbukaan sangat memungkinkan wartawan luar negeri masuk. Kalau kita tidak siap dan tidak kompeten akan tergilas," ingatnya.[ono/ito]