PWI Jatim Gelar UKW ke 24 di Surabaya

Reporter: Parto Sasmito

blokTuban.com – Selama dua hari, tepatnya Sabtu (22/9/2018) hingga Minggu (23/9/2018), pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sekitar 48 peserta terdaftar menjadi peserta.

Bertempat di Balai Wartawan Jalan Taman Apsari, Kota Surabaya, UKW ke 24 ini didukung penuh Bank Mayapada. Tema yang diangkat “Menuju Wartawan yang Profesional dan Kompeten”.

Sejak pagi, puluhan peserta dari Surabaya dan berbagai wilayah di Jawa Timur. Tampak pula dua peserta kategori wartawan Utama asal Blok Media Group (BMG), yakni Chief Executif Officer (CEO) BMG, Muhammad Abdul Qohhar dan Pemimpin Redaksi blokTuban.com, Sri Wiyono.

Perwakilan PWI Jatim, Ainur Rokhim menjelaskan, PWI konsisten sebagai organisasi profesi untuk meningkatkan kapasitas anggotanya. Termasuk wartawan yang baru bergabunh.

“Kali ini UKW ke 24 yang digelar PWI Jatim. Masih satu kali lagi di akhir tahun 2018,” jelas wartawan senior tersebut.

Ada tiga kategori yang diikuti peserta sesuai kelompoknya, yakni wartawan Muda, Madya dan Utama. Terbanyak peserta Muda untuk tingkat wartawan di lapangan, Madya bagi redaktur/editor dan Utama diperuntukkan minimal Redaktur Pelaksana sampai Pemimpin Redaksi.

“Sesuai jadwal, pelaksanaan kegiatan ini dua hari,” tambahnya.

Terpisah, Pemimpin Redaksi blokTuban.com, Sri Wiyono mengaku cukup senang bisa mengikuti kegiatan kali ini. Sebab, ia baru memiliki kompetensi Madya dan disyaratkan harusnya telah Utama.

“Manajemen BMG sangat konsisten membangun media blokBojonegoro.com dan blokTuban.com ke arah yang lebih profesional dengan penghuni redaksi yang kompeten,” pungkasnya. [ito/mu]