Amankan Haul, 400 Anggota Gabungan Disiagakan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Rangkaian acara Haul Sunan Bonang Tuban ke-509 tiba pada puncaknya. Sesuai jadwal yang telah diterima blokTuban.com, hari ini, Kamis (20/9/2018) terdapat tiga kegiatan.

Pagi tadi, pada pukul 06.00 - 08.00 Wib digelarnya Khitanan Massal di halaman masjid Astana Sunan Bonang. Setelah itu dilanjutkan Tahlil Akbar mulai pukul 09.00 - 12.00 WIB di Makam Sunan Bonang.

Sementara pada puncaknya nanti malam, kegiatan akan diisi pengajian umum mulai pukul 19.00 - 24.00 Wib di Alun-alun. Untuk tausiyah, panitia telah mengundang Habib Abu Bakar bin Hasan dan ketua PWNU Jawa Timur, Drs KH Marzuki Mustamar, M.Si.

Kepada blokTuban.com, ketua panitia haul, Wiwid Agung Wibowo mengatakan untuk memastikan keamanan di lokasi haul, ratusan aparat keamanan gabungan pun disiagakan. Mereka tersebar di beberapa titik dan lima pos yang berada di sekitar alun-alun Kabupaten Tuban.

"Untuk keamanan dibackup gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Banser, dan DISHUB," ucap Wiwid, sapaan akrabnya, Kamis (20/9/2018).

Pria yang kini menjabat sebagai ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tuban ini menjelaskan, sesuai hasil rapat di Polres Tuban, kurang lebih 400 personil gabungan disiagakan pada puncak haul tahun ini. Jumlah tersebut, lanjut Wiwid, tidak termasuk anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas).

"Untuk menjamin keamanan, mereka siaga hingga acara selesai di 5 titik posko haul, dan tempat lain yang itu sifatnya khusus disediakan oleh pihak Polres," pungkasnya. [rof/ito]