Reporter : Nidya Marfis H.

bloktuban.com -Biasanya, jika berlangsung acara-acara momentuman, seringkali pedagang dadakan bermunculan. Hal itu juga yang terjadi pada Haul Sunan Bonang, uniknya tidak hanya pedagang barang-barang baru saja yang turut buka lapak tapi juga pedagang barang bekas, Sam (52). Bahkan, pria asal Surabaya ini rela membawa barang dagangannya dengan gerobak yang ditarik dengan sepeda motor dari Kota Pahlawan.

Menurut Sam, sudah sekitar dua tahun membuka lapak di Haul Sunan Bonang. Dia datang berjualan seorang diri. "Sekitar dua tahun berjualan di haul, untuk membawa barang - barang bekas bisa sampai ke Tuban saya menggunakan gerobak dan ditarik motor karena belum punya mobil. Kalau masalah tidur ya tidur di sini kalau mau mandi sekarang sudah banyak ponten dimana-mana," ungkapnya.

Bapak tiga anak dan enam cucu ini mengaku mendapatkan barang bekas dari pasar loak Surabaya. "Sudah sekitar 6 tahun berjualan barang bekas ini, di Kota Pahlawan dia biasa berjualan di pinggir jalan menuju jembatan Suramadu.

"Segala macam barang bekas apapun itu saya jual, sebelumnya juga tidak pernah berpikir untuk berjualan barang bekes semua itu rahasia Tuhan dan saya menjalaninya dengan lapang dada," ungkapnya.

Soal penghasilan dia tidak bisa memperkirakan karena tergantung keadaan ekonomi saat ini. Dia hanya berharap usaha yang dia lakukan membuahkan hasil yang memuaskan. "Semoga hari ini bisa dapat uang yang banyak karena sudah jauh-jauh datang ke sini," pungkasnya. [nid/col]