Seni Mural di Dinding Pabrik Semen Indonesia

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Ada pemandangan berbeda di sepanjang dinding luar pabrik Semen Indonesia di Tuban. Dinding pabrik yang berada di tepi jalan di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Tuban itu nampak meriah. Beragam gambar terpampang di sepanjang tembok.

Gambar-bambar lukisan dinding atau mural itu, merupakan prakarsa PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Itulah hasil lomba mural atau lomba melukis di dinding yang digelar perusahana semen BUMN ini. Lomba yang diikuti peserta dari berbagai daerah dan warga sekitar pabrik Tuban itu sudah dilaksanakan,  Minggu (16/9) lalu, namun hasilnya bisa menikmati dalam jangka waktu yang lama. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-61 Semen Indonesia dan HUT ke-73 Republik Indonesia.

Mengusung tema “Melalui Seni, Bersama Membangun Negeri Menjadi Bangsa yang Kokoh, Kuat dan Mandiri''  lomba itu bertujuan untuk menggali bakat dan minat masyarakat di bidang seni. Dan, juga mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa seni mural tidak selalu negative. Karena juga punya manfaat positif bila diberikan ruang untuk mengekspresikannya.

Peserta datang bukan hanya dari Tuban, namun juga ada yang dari Kabupaten Rembang, Blora, Bojonegoro, dan Lamongan. Ada 85 kelompok peserta yang mendaftar. Sebanyak 53 kelompok kategori umum dan 32 kelompok kategori pelajar.

‘’Setelah diverifasikasi hanya terpilih, 40 kelompok, yakni 27 umum dan 13 kelompok kategori pelajar. Kriteria penilaian dalam lomba adalah kerjasama tim, keindahan, kerapian, kesesuaian dengan  tema dan kreativitas. Juga kebersihan karya, serta kesamaan antara konsep dan gambar,’’  ujar Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia, Sigit Wahono.

Sementara, Kepala Dinas Perekonomian Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya yang hadir mewakili Pemkab Tuban mengapresiasi kegiatan tersebut. "Sebagian besar peserta mengambil konsep batik, sehingga melalui kegiatan ini juga dapat mengenalkan kepada masyarakat tentang budaya Tuban, yakni batik dalam media yang lain,’’ katanya.

Kategori umum, juara Best Performance diraih oleh Kelompok Marimas-U2 dari Tuban. Sedangkan untuk Best Technique dimenangkan Kelompok SEMUR-U20 dari Rembang, Best Artistic Culture diraih Kelompok Duo Kwek-kwek - U6, dan Best Teamwork oleh Kelompok Art Kid - U3.

Kategori Pelajar, juara Best Performance dimenangkan oleh Kelompok Starlight - P5 dari SMKN 2 Tuban,  Best Technique oleh Kelompok Triwikrama - P1 dari SMAN 1 Rengel, dan  Best Artistic Culture oleh Kelompok Srikandi - P6 dari SMKN 2 Tuban.  Total hadiah Rp 20 juta beserta trophy dan piagam diperebutkan dalam lomba ini.[ono]