Pelatihan Merawat Jenazah bagi Anggota DWP Kemenag

Reporter: Sri Wiyono 

blokTuban.com – Dhama Wanita Persatuan (DWP) kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban menggelar pelatihan merawat jenazah perempuan. Pelatihan diikuti 140 anggota DWP digelar di aula kemenag di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Tuban Rabu (19/9/2018).

Dalam pelatihan tersebut, diajarkan bagaimana tata cara merawat jenazah bagi jenazah perempuan. Mulai dari memandikan dan merawat setelah jenazah dimandikan sampai mengkafani. Sebab, di masyaraat tak banyak perempuan yang bertugas menjadi perawat jenazah khusus perempuan. Ketua Pengurus Cabang Fatayat Tuban Umi Kulsum, S.Ag, M.Pd.I menjadi narasumber pelatihan tersebut.

Ketua DWP Kemenag Tuban, Isyatun Rodliyah Sahid mengatakan, kegiatan itu sudah dirancang tahun lalu dan baru direalisasikan tahun ini. Selain pelatihan, juga digelar pertemuan khusus DWP. Sebab, Ketua DWP  Kanwil Kemenag Jawa Timur meminta untuk menggalakkan kembali kegiatan sosialisasi dan lomba SPAK ( Saya Perempuan Anti Korupsi). Utamanya untuk siswa madrasah.

‘’Syukur bisa dimasukkan dalam pendidikan karakter ataupun kegiatan extra kurikuler,’’ ujar Isyatun Rodliyah Sahid.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid mengatakan, sekarang ini memasuki era milenial. Umur bumi sudah sangat tua. Penduduk dunia saat ini 7,5 miliar jiwa, sedang Allah tidak menciptakan bumi lagi. Karena dunia semakin tua, maka manusia harus terus meningkatkan amal baiknya, sebagai bekal di akhirat kelak.

Selain itu, Sahid juga menyampaikan bahwa ibu-ibu mempunyai peran penting untuk mengendalikan korupsi dalam keluarga. Istri bertugas mengendalikan dan mengingatkan  suami agar tidak korupsi, baik korupsi uang ataupun korupsi waktu.

‘’Karena itu, di bulan Muharam ini mari kita tetap bersemangat untuk meningkatkan ibadah, selalu berbenah untuk yang baik dan lebih baik lagi kepada Allah SWT. Berbenah dan terus meningkatkan kualitas hidup kita baik kepada Allah maupun kepada sesama,’’ katanya.[ono]