21:00 . Kemenag Tuban Peringati Nuzulul Quran   |   20:00 . Tahun 2020, Jembatan Rengel-Kanor Dibangun   |   19:00 . Truk Gandeng Terguling Timpa Pejalan Kaki Hingga Tewas   |   18:00 . Organisasi Pemuda di Kecamatan Rengel Kompak Bagi 1000 Takjil   |   16:00 . Polisi Berhasil Identifikasi Identitas Pelaku Pembobolan RSUD   |   13:00 . Lima BUMN Berbagi untuk Masyarakat Tuban   |   12:00 . Tim Verifikasi Madrasah Ramah Anak Tinjau MTsN 1   |   11:00 . Kabar Paracetamol Mengandung Virus Berbahaya Ternyata Hoax   |   10:00 . Prakiraan Cuaca 23-27 Mei, Diprediksi Gelombang Laut Capai 2.5 Meter   |   09:00 . Hari Ini Ada Bagi-bagi THR Rp39 Miliar di Tuban   |   08:00 . Kantor Disdukcapil Diusulkan Pindah, Ada Tiga Pilihan Lokasi   |   07:00 . Tips Berolahraga selama Ramadan   |   06:00 . Oleng, Muatan Kertas Jatuh Timpa Truk Logistik   |   20:00 . EMCL Umumkan 4 Konten Viral Jurnalis Tuban   |   19:00 . Begini Tanggapan Diskominfo Tuban Terkait Penggunaan Fitur VPN   |  
Sat, 25 May 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 15 September 2018 14:00

Aspek 3S Untuk Tunjang Pariwisata

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com- Berbicara tentang pariwisata, banyak hal yang perlu diperkuat demi menunjang kualitas suatu wisata. Entah itu desa wisata, maupun wisata desa. Namun secara ringkas, beberapa aspek tentang pariwisata dapat dikerucutkan dengan istilah 3S. 

"Perhatikan 3S, Something to See, Something to Do, Something to Buy," buka Kasi Patiwisata Disparbudpora Kabupetan Tuban, Suwanto kepada blokTuban.com, Sabtu (15/9/2018).

Poin pertama, yakni Something to See. Pengelola wisata maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis) harus memikirkan apa yang biasanya diinginkan, diperlihatan saat wisatawan datang ke lokasi wisata. Dari hal itu, tak dipungkiri juga bahwa mayoritas wisata yang ada di Kabupaten Tuban telah banyak menerapkan aspek tersebut. Penataan ruang dan lingkungan lokasi wisata, peremajaan konsep, serta pernik penunjang lain.

"Kedua, Something to Do. Aktivitas apa saja yang disiapkan pengelola saat pengunjung berdatangan. Ini tinggal cerdas-cerdasnya pengelola," tambahnya.

Menurutnya, memperhatikan dan menyiapkan apa saja aktivitas, kegiatan yang dikemas dengan paket-paket tertentu ketika para wisatawan tiba pada lokasi menjadi hal penting dalam ukuran kelola wisata. Sebab, poin ini merupakan ukuran final dimana pengunjung tertarik dan ingin membeli suatu hal yang disediakan, " Finalnya pada aspek Something to Buy, mau beli apa disana? Maka dari itu, kebanyakan destinasi wisata telah menyediakan kaos, makanan khas, cinderamata, untuk oleh-oleh dan kenangan setelah betkunjung dari lokasi wisata," katanya.

Kerangka berpikir aspek 3S harus diolah dengan baik. Bilamana sudah terbangun serta diterapkan dengan detail dan sungguh-sungguh, struktur ekonomi jelas akan terangkat dengan sendirinya. Semakin banyak orang mengunjungi kawasan lokasi wisata, peran pengelola akan maksimal betul. Sarana prasarana, seperti toilet, tempat parkir, beserta jasa lainnya akan mengundang pundi pemasukan rupiah pada kas.

Selain itu, adapun indikator keberhasilan menejemen wisata dapat diukur dengan segi Leng of Stay dan Spending of Money. Semakain lama orang berkunjung pada suatu tempat wisata, akan semakin banyak uang yang dikeluarkan untuk membeli ataupun membayar ini-itu.

"Hal itu yang sering kita sampaikan kepada masyarakat untuk menginspirasi. Ini sebetulnya bisa jadi solusi bagi siapapun untuk menjawab kesulitan program pemerintah, seperti pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan pekerjaan, dan peningkatan SDM," pungkasnya. [feb/ito]

Tag : wisata, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more