Patra Daya di Tuban Tumbuhkan Partisipasi Warga

Pengirim: Fospora

blokTuban.com - Pembangunan Kabupaten Tuban ke taraf lebih baik tentu tak luput dari sektor pembangunan desa juga. Untuk meningkatkan partisipasi aktif warga desa dalam pembangunan infrastuktur penunjang kesejahteraan perlu musyawarah desa.

Dalam rangka mewujudkan pembangunan yang aktif dan efisien di tengah warga, terselenggara musyawarah D
sa dalam Program Aksi Kemitraan Untuk Pemberdayaan Masyarakat (PATRADAYA) yang prakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan difasilitasi oleh FOSPORA (Forum Studi Pengembangan Potensi Daerah) di sejumlah desa di Kabupaten Tuban pada hari Rabu (12/9/2018).

Pembangunan Desa tersebut antara lain pembuatan MCK dan kios di Desa Maibit, pavingisasi jalan di Desa Ngadirejo, dan pembangunan Gedung BUMDesa di Desa Pekuwon yang kesemuanya terletak di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.

Upaya Musyawarah desa dilakukan untuk menampung segala aspirasi masyarakat desa yang nantinya akan digunakan untuk acuan-acuan positif dalam pembangunan.

Agenda ini dihadiri sejumlah warga desa yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa, BPD, Karang Taruna, Tokoh Agama dan masyarakat sekitar desa.

Diungkapkan oleh Perwakilan FOSPORA, Yahmani, pihaknya berharap dengan adanya partisipasi warga desa sekitar bisa menjadikan pembangunan lebih efisien dalam waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Terutama demi pembangunan infrastuktur desa yang nantinya juga dikelola oleh masyarakat desa bersama.

“Upaya musyawarah dan koordinasi dengan pihak desa terus dilakukan dalam upaya memperlancarkan pembangunan”, ungkapnya.

Harapan dari pembangunan-pembangunan ini adalah desa-desa menjadi lebih sejahtera dengan adanya peningkatan infrastuktur ke arah lebih baik. [col]