Reporter: M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1440 H dirayakan dengan kegiatan serta tradisi masing-masing oleh masyarakat di Kabupaten Tuban. Seperti halnya yang diagendakan oleh Paguyuban Pelestari Tosan Aji Tuban Megalamat‎ ini.
 
Dalam rangka peringatan bulan Muharram, atau disebut bulan Suro oleh penganut tradisi Jawa, Megalamat berencana melakukan Jamasan masal dan Kirab Pusaka pada Minggu Wage (16/9/2018) mendatang di Balai Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.
 
"Itu acara Jamasan atau mencuci pusaka masal secara gratis. Ada kirab pusaka juga nanti," terang salah seorang panitia, Nurhasim kepada blokTuban.com, Selasa (11/9/2018).
 
Lebih lanjut, dia juga menambahkan jika warga sekitar Tuban atau wilayah lain yang berkenan ikut menjamas pusaka bisa di daftarkan gratis, maksimal 3 pusaka per orang. ‎Selain itu, panitia juga masih melayani pendaftaran paling lambat petang ini.
 
"Untuk umum warga masyarakat Tuban, tapi misalkan ada yang daftar dari luar Tuban juga diperbolehkan,l pungkasnya. [feb/col]