Baritan di Perempatan, Warga Bangunrejo Sambut Malam 1 Suro

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menyambut tanggal 1 Suro sesuai kalender Jawa, warga Dusun Mlaten, Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban mengadakan tasyakuran, Senin (10/9/2018). Masyarakat setempat menyebutnya 'Bancakan Baritan'.

Sesuai adat Jawa, Bancakan Baritan dilakukan tepat malam 1 Suro atau bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender Hijriyah. Warga berkumpul tepat di perempatan desa dengan harapan terhindar dari balak dan bencana, sehingga senantiasa aman, tentram dan damai.

Tokoh masyarakat setempat, Karsono sekaligus pemimpin kegiatan mengatakan, tujuan Baritan ini meminta berkah dan keselamatan di tahun mendatang.

"Kalaupun ada musibah yang datang dari arah timur, selatan, barat dan utara semoga kita terhindar," ujarnya, dilanjutkan membacakan doa dengan ayat Al-Qur'an.

Dalam Baritan tersebut, warga berduyun-duyun sekaligus membawa beragam makanan yang disajikan khusus. Terdapat tujuh macam makanan, diantaranya bucu kendit, sego gurih, ketan towo, arang-arang kambang, bubur tolak, jajan pasar dan sego bucu. Makanan tersebut diletakkan menjadi satu di atas terpal.

Animo masyarakat dalam melestarikan budaya nenek moyang ini masih terasa di desa setempat. Setelah doa selesai dipanjatkan, tanpa menunggu aba-aba warga yang hadir di lokasi berhamburan mengambil atau saling tukar makanan yang menjadi penanda acara Baritan selesai. [hud/rom]