Disuplai Sumberan Ngerong, Kebun Mawar Gununganyar Tetap Mekar

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musim kemarau banyak dikeluhkan sebagian besar warga yang memiliki berbagai jenis tanaman. Sebab, seiring berjalannya kemarau, air-air pada sumur sumberan warga semakin susut berkurang, bahkan mati tak keluar.

Namun begitu, beberapa wilayah yang berada pada zona sumber air nan melimpah yang terkandung dalam sebuah Sendang, tengah memanfaatkan betul adanya berkah dari Yang Maha Kuasa tersebut.

Di Desa Gununganyar Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, selain terkenal dengan potensi sumber air dari Sendang Ngerong di Kecamatan Rengel, warga setempat juga memfungsikan alirannya untuk kebun mawar, dimana menjadi mata pencaharian pokok selain sektor pertanian padi.

"Suplai untuk perawatan kebun mawar ini ya dari Sendang Ngerong," ujar warga setempat, Darban kepada blokTuban.com, Minggu (9/9/2018).

Menurutnya, jika hanya nengandalkan sumber asli sumur-sumur yang dimiliki warga tiap rumah, maka tak bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembang Mawar.

"Kalau gak begitu, mawar di kebun-kebun desa sini ya bisa mati. Kita gak bisa kerja. Soalnya selain padi, kita setiap hari mengandalkan panenan kebun mawar," pungkasnya. [feb/rom]