BPBD Imbau Kesadaran Masyarakat Saat Damkar Melintas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, berharap adanya kesadaran masyarakat untuk memberikan jalan lewat jika ada mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) saat melintas.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban Joko Ludiono, menurutnya kesadaran masyarakat untuk memberikan jalan bagi mobil Damkar sangat berpengaruh terhadap ketepatan waktu petugas pemadam tiba dilokasi kebakaran.

"Saya imbau kepada masyarakat, bila ada mobil Damkar membunyikan sirine tolong beri kesempatan untuk lewat," ujar Joko saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Ditambahkan, pihaknya melihat terkadang masih ada masyarakat yang kurang sadar jika ada sirine Damkar berbunyi. Sehingga terkadang membuat mobil Damkar kesulitan melintas dan terhambat.

Dalam Standar Operasional Prosedur (SOP), mobil pemadam harus sudah tiba dilokasi selambatnya 20 menit setelah pemberitahuan kejadian. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat untuk memberikan jalan pada mobil pemadam sangat diperlukan agar bisa tepat waktu.[hud/ito]