Akan Ada ‘Kampung Tuban’ di Lombok

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos, P3A) mengirimkan bantuan uang tunai sebesar Rp210 juta ke Lombok. Dana tersebut berasal dari patungan warga Tuban yang dikumpulkan oleh Taruna Tanggap Bencana (Tagana) setempat.

Menurut Sekretaris Tagana Tuban, Ahmad Isful Fuadi, bantuan tersebut diantar langsung oleh Kepala Dinsos P3A, Nur jannah bersama kabidnya, Harsono, serta didampingi Kabag Humas Pemkab Tuban, Rohman Ubaid, hari ini, Rabu (5/9/2018). Rencananya uang tersebut akan digunakan untuk membangun hunian sementara (Huntara) dan MCK bagi korban gempa.

"Dana tersebut akan digunakan untuk mendirikan 48 unit hunian dan 10 MCK," kata Fuad kepada blokTuban.com, Rabu (5/9/2018).

Dijelaskan Fuad, alur penyaluran bantuan nantinya akan diserahkan ke Kepala Dinas Provinsi NTB. Lalu uang tersebut akan diwujudkan dalam bentuk bangunan. Setelah prosesi tersebut, dilanjutkan kunjungan ke lokasi korban dan melihat bentuk prototipe model rumah Huntara.

"Rencana nanti akan dikomunikasikan, agar lokasi pembuatan rumah dari bantuan kabupaten Tuban menyatu dengan kabupaten lainnya dari Jawa Timur," ucapnya menambahkan.

Masih Fuad, Tagana Jawa Timur dalam hal ini, akan membuat ‘Kampung Bahagia Tagana Jawa Timur’. Sedangkan donasi dari beberapa instansi, komunitas, lembaga, dan masyarakat Tuban akan dibuat hunian dengan sebutan ‘Kampung Tuban’ di Lombok.

"Saat ini rombongan sudah perjalanan ke Lombok, yang sebelumnya sempat transit di Dinsos Provinsi Jatim," pungkasnya. [rof/ito]