Ma'ruf Amin: Ziarah Makam Wali Cara Warga NU Peroleh Barokah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - KH. Ma'ruf Amin yang juga menjabat sebagai Rais Am Pengurus Besar Nahdlotul Ulama (PBNU) mengatakan, ziarah ke makam Wali Allah merupakan cara warga Nahdliyin untuk mendapatkan barokah dan karomah sang Wali.

"Ziarah, Berdzikir dan Tahlil ke makam wali ini cara warga NU untuk memperoleh berkah dan karomah," ujar KH. Ma'ruf Amin yang juga menjabat sebagai Ketua MUI, Selasa (4/9/2018).

Menurutnya, sebelum berziarah di makam Sunan Bonang yang ada di Kabupaten Tuban, dia bersama rombongan juga telah berziarah di makam tokoh pendiri NU, yaitu KH. Hasyim Asy'ari di Kabupaten Jombang serta Makam Sunan Drajat di Kabupaten Lamongan.

Lebih dari itu, selama di Jawa Timur ini pihaknya juga telah berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) untuk bersilaturrahim dengan para kyai-kyai pengasuh pesantren. "Saya kan santri juga kiai, jadi saya mengunjungi tempat dan teman-teman belajar saya dulu," jelasnya.

Diketahui, sebelum berziarah ke makam Sunan Bonang, Bakal Cawapres yang mendampingi Joko Widodo tersebut terlebih dahulu bersilaturrahim dengan Bupati Tuban dan Pengurus PCNU Tuban lainya di Pendopo Krido Manunggal Tuban. Selanjutnya dengan menaiki kendaraan Angling, Ma'ruf Amin dan rombongan masuk di kompleks Makam Sunan Bonang.[hud/col]