Polsek, Koramil dan Banser Rengel Meriahkan Pra-Acara RNC

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Rangkaian puncak semarak kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia yang terangkum dalam Festival Kampung Merdeka, yakni Rengel Night Carnival (RNC) akan digelar nanti malam di sekitar jalan lingkungan Karangtengah, Desa Rengel, Kecamatan Rengel.

Memasuki pra-acara RNC yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB tadi, sejumlah pertunjukkan menghangatkan suasana lokasi kegitan. Selain pertunjukkan drumband oleh siswa-siswi SDN Rengel II, juga barongsai oleh kelompok masyarakat sekitar, sejumlah tampilan menarik lainnya juga datang dari petugas keamanan yang mengayomi Kecamatan Rengel.

Mereka adalah anggota dari Kepolisian Sektor (Polsek) Rengel, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Koramil Rengel, beserta anggota Satkoryon Banser Rengel yang mengenakan kostum elok nan kreatif khas Carnival.

"Tampilan dari Polsek, Koramil, dan Banser Rengel ikut dalam pawai adalah untuk ikut berpartisipasi dan mensuport kegiatan wisata budaya yang ada di Kecamatan Rengel ini," terang Ketua Panitia, Ahmad Ainut Taufiq kepada blokTuban.com, Jumat (31/8/2018).

Alunan musik berdecak tradisi pun menambah kesyahduan suasana. Terik hangat dari pendar matarahari takenyurutkan para anggota Polsek, Koramil, dan Banser Rengel untuk berpose gagah nan elegan, berjalan menyapa masyarakat yang tumpah ruah di kanan-kiri sepanjang 150 meter jalan permadani merah.

Warga dibuat terlena oleh tampilan anggota keamanan yang sehari-harinya menjaga keamanan kondisi wilayah Kecamatan Rengel itu. Tak sedikit dari warga, entah itu anak-anak, remaja, hingga ibu-ibu berswafoto dengan anggota-anggota keamanan tersebut.

Ketua panitia ynag akrab disapa Taufiq itu menambahkan, selain hiburan-hiburan tradisi pra acara tersebut, malam hari selepas Isya juga akan disambung dengan acara puncak RNC yang dihadiri peserta dari luar Tuban, seperti Bojonegoro, Tulungagunh, Kediri, Banyuwangi, beserta wilayah lain.

Dari semua itu, panitia penyelenggara berharap agar semoga pada pelaksanaan RNC mendatang partisipasi maupun kekompakkan seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Rengel bisa lebih solid lagi.

"Bakat-bakat pentas seni dari warga, maupun partisipan lain semoga bisa tertampung. Kedepan bisa berlangsung lagi, menjadi acara yang lebih meriah dari sebelumnya," harap Taufiq yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Rengel itu. [feb/col]