Tak Hanya Kompetitor Lokal, RNC 2018 Juga Diikuti dari Luar Daerah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak 41 peserta dipastikan ikut memeriahkan Rengel Night Carnival (RNC) 2018 yang akan digelar di Desa/Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada Jumat (31/8/2018) besok.

Humas RNC 2018, Mundzir saat diwawancarai blokTuban.com menyebutkan, selain peserta lokal, kegiatan ini akan diikuti peserta dari luar Kabupaten Tuban. Tercatat pada daftar registrasi antara lain dari Kabupaten Bojonegoro, Tulungagung, Kediri dan Banyuwangi.

Pada level RNC Kids menurut Mundzir akan diikuti 15 peserta, sedangkan kategori umum akan diikuti 26 peserta.

"Selain itu juga ada peserta kehormatan dari Polsek Rengel 3 Personel, anggota KORAMIL Rengel 3 Peserta, dan Satkoryon Banser Rengel 3 Anggota," kata Mundzir, Kamis (30/8/2018).

Dijelaskan mantan Ketua PAC GP Ansor Rengel ini, keikutsertaan jajaran Polsek dan KORAMIL rengel dalam agenda tahunan ini merupakan bentuk suport ekspose Wisata Budaya yang ada di wilayah kerjanya.

Pihak penitia juga mengklaim telah siap 90 persen lebih. Di antaranya yang disiapkan mulai dari kegiatan penunjang termasuk Parade Drumband dari siswa SDN Rengel 2 dan barongsai, musik 'Unen-unen', sanggar tarian dan seni koreografi dari kabupaten Tulungagung, Banyuwangi dan Kediri.

"Perlengkapan sound sistem, Panggung, lighting mov dengan daya 45 ribu watt juga sudah kita siapkan," ucapnya menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan perlombaan atau wisata budaya yang digelar warga Desa/Kecamatan Rengel, Tuban, Jawa Timur ini akan dipusatkan di Jalan Karangtengah, Desa Rengel. Kegiatan kali kedua ini bertajuk 'Keanekaragaman Budaya Nusantara'.

Untuk RNC kategori TK dan SD akan dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. RNC untuk kategori umum baru akan digelar malamnya, mulai pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Gelar karya dengan menggunakan Busana dan tata rias serta koreografi yang bernuansa Ethno ini, diwajibkan mengikuti ketentuan panitia.

Yang dinilai oleh juri ada dua aspek, yaitu Karya Desain dan Koreografi. Aspek karya desain yang dinilai meliputi Orginalitas ide (25 poin), Keserasian (20 poin) Kreativitas (20 poin). Kemudian untuk aspek Koreografi ada Aksi Panggung (15 poin) Aksi Cat walk (20 poin), totalnya 100 poin. [rof/col]