Manfaatkan Limbah , Warga Bukit Karang Kelola Bank Sampah

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Guna menampung limbah rumah tangga warga Rukun Tetangga (RT) 04 Perumahan Bukit Karang, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Tuban mendirikan bank sampah.

Saat ditemui blokTuban.com ketua bank sampah, Susiati (47) mengatakan, ide bank sampah berawal dari RT 04 yang akan mengikuti lomba Kampung Indah Bersih (KIB) Kabupaten Tuban.

"Awalnya pada tahun 2016 Joko pegawai Kecamatan Semanding melakukan penyuluhan bank sampah karena RT kita mau ikut lomba KIB dan berlanjut sampai sekarang," ungkap Susiati

Sebagai bagian manajemen, terdapat struktur kepengurusan yang bertugas mengkoordinir serta menjalankan sistem bank sampah ini. Apabila ada warga RT 04 yang akan menjual sampah, sebelumnya dipilah terlebih dahulu. Hasil dari uang penjualan tidak langsung diberikan ke warga, namun dimasukkan ke tabungan dan diberikan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"10 persen dari uang yang terkumpul diambil dan dijadikan uang kas bank sampah juga untuk menggaji petugasnya," imbuhnya.

Selain itu sampah yang telah terkumpul tidak semuanya dijual ke pengepul, namun ada yang didaur ulang menjadi beragam kreasi seperti bros, tikar dan gantungan jilbab. Ke depannya warga RT 04 ingin memiliki alat pembuat pupuk organik.

"Waktu itu kita pernah mengajukan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk meminta bantual alat pembuat pupuk organik tapi belum mendapat acc, harapannya semoga cepar mendapat acc karena kita ingin membuat pupuk organik dan juga ingin menjualnya," ungkap salah satu pengurus, Nanik (42). [nid/lis]