Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Dunia Pendidikan Digelar di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Propinsi Jawa Timur (Jatim) akan menggelar diskusi 'Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Dunia Pendidikan' di Kabupaten Tuban. Acara ini akan dilaksanakan dua hari di salah satu hotel yang berada di Jalan Basuki Rahmat Nomer 215-217 Tuban.

"Pembukaan akan digelar Rabu (29/8/2018) sore, kemudian dilanjutkan diskusi dan ditutup pada Kamis (30/8/2018) siang," terang Kepala Bakesbangpol Jatim, Jhonatan Judianto dalam surat resminya.

Dari surat tersebut, ada lima materi penting yang akan disampaikan oleh para pemateri. Di antaranya yang bisa disebutkan anatara lain, wawasan kebangsaan, toleransi kebhinekaan, dan substansi perda penguatan toleransi. Tiga materi akan disampaikan di hari pertama.

Sedangkan di hari kedua, materi yang akan didskusikan antara lain, nilai-nilai nasionalisme dalam pancasila di era globalisasi dan meningkatkan semangat bela negara untuk menghadapi ancaman non militer.

Para pakar juga telah disiapkan untuk menjadi nara sumber atau pemateri. Mereka adalah ketua Komisi A DPRD Jatim, Freddy Purnomo, Dosen Fisip Unair Ucu Martono, Dosen Unang Tuban Marwan, dan Pebandya Bhakti TNI Sterdam V/Brw Letkol Inf. Didi Suryadi. [rof/ito]