Irigasi Lancar, Panenan Desa Mrutuk Melimpah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com- Pasca musim penghujan lalu, periode Agustus 2018 ini menjadi kali kedua panen padi warga Desa Mrutuk, Kecamatan Widang. Hasil panen tersebut begitu melimpah, seiring aliran irigasi yang lancar di wilayah setempat.

Dari penuturan warga petani setempat, proses panen di Desa Mrutuk telah berlangsung satu minggu lebih. Proses panen pun berlangsung ramai, dengan dibarengi aktivitas jual beli tebas padi basah.

"Panenan lancar terus. Alhamdulillah, hasilnya cukup bagus karena pengairan lancar," tutur petani setempat, Santo kepada blokTuban.com, Minggu (26/8/2018).

Pengairan yang cukup memenuhi kebutuhan padi, juga diiringi antisipasi hama tikus dengan cara memberikan pagar 'seng' juga menunjang melimpahnya hasil panen.

Di sisi lain, banyak para pedagang ataupun penebas padi yang menuju kawasan tersebut. Kualitas dan kuantitas yang baik menjadi salah satu faktornya.

"Sudah satu minggu ini di wilayah Mrutuk untuk nebas padi," kata Dulah, salah satu pemborong padi.

Dia juga menambahkan, banyaknya kapasitas panen di wilayah Kecamatan Widang menjadi sasaran para pedagang ataupun pemborong padi. Sebab, kualitas padi sudah terbilang cukup bagus untuk ukuran panen di wilayah lain. [feb/ito]