Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Upaya menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia sangat bisa dirasakan lewat kemeriahan suatu acara, maupun kegiatan suatu wilayah. Salah satunya wilayah Kecamatan Rengel.

Memasuki akhir bulan Agustus 2018 ini, pihak Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Rengel menggelar berbagai agenda beruntun. Bahkan, karnaval budaya pun dibuat ramai berkelanjutan selama 3 hari.

"Kemarin Karnaval tingkat SD, MI sederajat, sekarang tingkat TK, Paud sederajat, dan besok tingkat SMP, SMA, dan umum," terang PHBN sesi Karnaval Kecamatan Rengel, Gunawan Wibisono kepada blokTuban.com, Sabtu (25/8/2018).

Lelaki yang akrab disapa Gunawan itu menambahkan, dari semua tingkat karnaval di Kecamatan Rengel‎ membawa tema keanekaragaman budaya bangsa. Adapun sekitar 30 kelompok dari Karnaval tingkat TK dan Paud, kali ini berarak disepanjang rute 3 Kilo meter dari lapangan Dulhadi ke Sawahan, Kemudian ke Karangtengah sampai finish di Balai Desa Rengel.

Kemudian untuk rute karnaval tingkat SMP, SMA sederajat dan umum yang digelar besok Minggu (26/8/2018) dimulai dari Lapangan Bahagia Desa Sumberejo, ke barat arah Ngerong, kemudian ke selatan dan finish di Stadion Rengel‎.

Sementara itu, Camat Rengel mengungkapkan, antusias warga masyarakat umum yang begitu hebat, perlu dijaga dan dikembangkan. Adanya semarak Karnaval Budaya yang digelar 3 hari beruntun diharapkan bisa membangkitkan spirit para warga, pemuda, dan generasi muda.

"Antusias warga Kecamatan Rengel begitu besar. Besok, karnaval umum juga memakai sebagian ‎jalan raya. Teman panitia juga sudah antisipasi untuk urai kemacetan," tutur Joko Purnomo selaku Camat Rengel.

Dari jalur yang dipakai bagian jalan raya, ‎panitia acara menggunakan sekitar 3 meter ruas bagian yang disekat dengan tali. Pengguna jalan yang lewat juga diatur oleh petugas keamanan berwajib, baik dari Polsek, Koramil, juga panitia lain. [feb/col]