Unik! Panjat Pohon Pisang Ada di Klakeh

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berbagai macam perlombaan digelar masyarakat untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia. Namun ada yang unik di Kabupaten Tuban, yaitu lomba panjat pohon pisang yang diinisiasi oleh Karang Taruna Desa Klakeh, Kecamatan Bangilan pada hari ini, Minggu (19/8/2018).

Dari pantauan blokTuban.com, pohon pisang yang licin sengaja digantung di atas bambu yang sudah dirangkai oleh panitia. Agar tetap licin, dibawah pohon pisang yang digantung secara sungsang (terbalik) dibuatkan kolam terpal.

Hal itu semakin mempersulit para peserta lomba untuk meraih hadiah menarik yang dipasang di bagian atas. "Pohon pisang ndak boleh sampai kering," ujar Ketua Karang Taruna Klakeh, Kurnadi saat dikonfirmasi blokTuban.com, usai lomba Ahad (19/8/2018).

Gelak tawa penonton pun tak terbendung melihat perjuangan dua orang dewasa dan tiga anak-anak yang memanjat 2 pohon pisang. Para penonton tak kuasa menahan tawa saat mereka berusaha naik, namun malah merosot ke dalam kolam.

Saat ditanya terkait ide tersebut, pihaknya mengaku mencari dari media sosial Youtube. Lomba dengan media pohon pisang setinggi 3 meter itu pun sangat menghibur warga.

"Idenya dari Youtube. Alhamdulillah bisa menghibur masyarakat," ucap dia menambahkan. [rof/ito]