17 Kelompok, Meriahkan Festival Tabuh Lesung di Desa Kembangbilo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 17 kelompok penabuh lesung yang terdiri dari nenek-nenek di Desa Kembangbilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, turut memeriahkan acara Festival Tabuh Lesung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, pada Minggu (19/8/2018) sore.

Festival tersebut diselenggarakan oleh pemdes di lapangan desa setempat dalam rangka memperingatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-73.

Kepala Desa Kembangbilo Muhammad Abdul Rokhim mengatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka untuk memeriahkan HUT RI ke-73. Selain ini beberapa kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke-73 juga diselenggarakan oleh pemdes.

"Festival lesung ini menjadi salah satu rangkaian acara HUT RI Desa Kembangbilo tahun ini," kata Kades saat berada di lokasi.

Lebih lanjut, menurutnya festival tabuh lesung ini dipilih karena merupakan budaya warisan yang sudah hampir hilang. Oleh karena itu Pemdes Kembangbilo kembali munculkan budaya tabuh lesung dalam bentuk festival seperti ini.

"Saat ini budaya tabuh lesung sudah hampir hilang, padahal dulu hampir semua kegiatan yang ada di desa menggunakan lesung, baik saat mau hajatan, panen dan lain-lain menabuh lesung terlebih dahulu," tambahnya.

Sementara itu salah satu peserta, Sulikah mengaku untuk berpartisipasi dalam festival ini, dia bersama kelompoknya mengaku melakukan latihan selama satu minggu. "Satu minggu latihan menabuh lesung untuk memunculkan bunyi yang enak, saat diiringi tembangan," pungkasnya.[hud/ito]