Idul Adha di Indonesia dan Arab Beda Tanggal, ini Kata Kemenag Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Idul Adha akan dirayakan bulan ini. Kendati begitu tersiar kabar, hari Raya Idul Adha di Indonesia tidak sama dengan di Arab Saudi.

Ketika dikonfirmasi blokTuban.com, kementerian agama (Kemenag) Kabupaten Tuban membenarkan. Masyarakat muslim diharapkan bisa menghargai perbedaan ini.

"Infonya begitu, kita umat islam harus mnghargai sebuah perbedaan, karena peristiwa ini sudah sering terjadi di Negara kita," jawab Kepala Kemenag Tuban, Syahid saat dikonfirmasi blokTuban.com hari ini, Rabu (15/8/2018).

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, mahkamah Agung Arab Saudi telah menetapkan Idul Adha 1439 H jatuh pada Selasa, 21 Agustus 2018. Sedangkan di Indonesia, Idul Adha 1439 H jatuh pada 22 Agustus 2018 berdasarkan sidang isbat penetapan tanggal 1 Zulhijah 1439 H oleh Kementerian Agama.

"Sudah dilakukan kajian bahkan Rukyatul hilal untuk menentukan awal Dzulhijjah," ucapnya menandaskan.

Pihaknya berharap, masyarakat muslim tetap tenang dan fokus mendatangi masjid dengan niat ibadah. Bagi yang mampu, dipersialahkan untuk berkurban.

"Kita datangi masjid untuk melakukan Sholat Idul Adha dengan mendengarkan khutbah secara khusuk, serta mlakukan penyembelihan qurban bila mampu," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]