Hingga Agustus, Widang Dominasi Angka Peserta KB di Tuban

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Hingga Agustus 2018 ini, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Tuban merilis kecamatan di kabupaten setempat yang peserta KB nya terbanyak. Hasilnya, Kecamatan Widang mendapat urutan pertama sedangkan Kecamatan Senori menjadi urutan yang terakhir.

Saat ditemui blokTuban.com, Kabid Keluarga Berencana, Suwahyun mengatakan saat ini minat masyarakat untuk melakukan KB semakin meningkat. Meskipun begitu, pihak BKKBN setiap bulannya masih rutin melakukan sosialisasi KB hingga ke desa-desa.

"Walapun sudah mulai banyak yg mengikuti program tapi kita setiap bulannya masih melakukan sosialisa dan penyuluhan," ujarnya.

Untuk melancarkan program Keluarga Berencana (KB) BKKBN melakukan program Kampung KB. Program ini bertujuan agar lebih mengetahui sejauh mana kesejahteraan masyarakat dan dapat dilihat dari Konsep DefinisiTotal Fertility Rate(TFR) atau jumlah rata-rata anak yang akan dilahirkan oleh perempuan. Selain itu ada juga program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina keluarga sejahtera (BKS).

"Program kampung KB bertujuan agar lebih mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, walaupun tingkat pertumbuhan sudah rendah tapi kesejahteraan juga rendah kan sama saja," imbuhnya. [nid/col]