Tetap Meriahkan Kemerdekaan Meski di Atas Perbukitan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam menyambut pesta kemerdekaan Indonesia, seluruh penjuru masyarakat desa sampai kota terus menyemarakkan segala bentuk kegiatan di wilayahnya masing-masing. Banyak jenis kemeriahan lomba yang dipusatkan di wilayah kecamatan, namun demikian warga yang berdomisili cukup jauh dari pusat pemerintahan kecamatan memiliki inisiatif tersendiri untuk merayakan 17-an.

Adalah warga masyarakat Desa Klumpit, Kecamatan Soko ini misalnya. Letak wilayah desa di perbukitan kapur, dengan akses perbatasan antara Kecamatan Montong dan Kecamatan Grabagan itu membuat agenda yang tak kalah seru dan meriah dibanding tingkat kecamatan.

Warga sekitar Klumpit juga berbondong menyaksikan gerak jala‎n yang diselenggarakan pemerintah desa setempat bersama pemuda Karang Taruna (Kartar) Tri Tunggal Jaya. Berbeda dengan rute di wilayah pusat keramaian kecamatan ataupun desa lain, kegiatan tersebut mengambil start di bumi perkemahan Bentaor, kemudian menyusuri jalanan desa yang naik turun dan terjal, dan finish di lapaangan Mantre-Klumpit.

"Tentunya kita tetap harus memeriahkan Agustusan, meskipun berada di lokasi perbukitan jauh dari keramaian," kata Ferry, pemuda asal Dusun Bentaor-Klumpit kepada blokTuban.com, Minggu (12/8/2018).

Pemuda usia 18 tahun itu mengaku bangga atas partisipasi rekan pemuda beserta masyarakat desa untuk andil dalam kegiatan tersebut. Terbukti dengan adanya jumlah peserta yang ikut, hampir 70 regu gerak jalan mulai dari usia anak-anak, pemuda, hingga ibu-ibu.

‎"Wah, kalau diukur capek tidaknya bakal kalah sama semangat teman-teman yang lain untuk kemeriahan desa ini," imbuhnya.

Ditambahkan Sugiantoko, salah satu pemuda desa setempat yang juga sebagai peserta gerak jalan, berada dalam lingkungan yang cukup terpencil dari pusat keramaian tak jadi alasan masyarakat untuk berkarya dan memeriahkan hari kemerdekaan dengan gaya khasnya masing-masing.

"Sebenarnya juga terbentur agenda gerak jalan kecamatan, tapi komitmen untuk memeriahkan desa tetap kita lakukan agar tak kalah meriah dari desa lain," terangnya.

Dari semua itu, pihak panitia penyelenggara lewat Kartar sangat berterimakasih atas partisipasi masyarakat yang mau mewakili wilayah Rw masing-masing, "Kami ucapkan terimakasih, agenda tahunan ini begitu meriah. Semua persiapan mulai dari anak-anak sampai ibu-ibu ‎untuk partisipasinya sangat memuaskan. Semoga tahun depan lebih meriah," kata pembawa acara kepada semua warga yang hadir di lapangan Mantre-Klumpit usai kegiatan. [feb/ito]