Terkena Alat Berat, Pipa PDAM di Grabagan Jebol

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Proyek pelebaran jalan di beberapa titik wilayah Kabupaten Tuban tengah dilakukan pemerintah terkait. Tak hanya jalan raya, akses jalan desa sampai jalanan gang pada lingkungan pun dilakukan pembenahan bertahap.

Namun, saat pengerjaan pelebaran jalan turut Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan terjadi masalah lantaran proses pengerukan menggunakan alat berat ternyata mengenai pipa PDAM. Alhasil, pipa pengalir sumur I ukuran 4 dim harus mengalami kerusakan, air yang saat ini di distribusikan pada warga harus tumpah ruah ke jalanan.

"Iya, itu proses pengerukan sisi jalan. Kan mau dilebarkan, eh malah ngeruk pipa, ya mancur tinggi," kata Sa'id, warga setempat.

Mengetahui kejadian itu, pihak PDAM Grabagan langsung meninjau ke lokasi pipa pecah. Kepala ‎Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perusahaan Air Mineral (PDAM) Kecamatan Grabagan, Parno langsung bergegas melakukan upaya agar air yang disalurkan ke rumah-rumah warga tak terbuang sia-sia tumpah di jalanan.

"Kita sudah matikan kran ‎dari sumur satu untuk menghentikan pancaran air. Ya, kita perbaiki dengan menyambung pipa dulu. Kasihan warga yang hari ini dapat jatah air, tapi malah terganggu sebab ini," terang Parno kepada blokTuban.com, Rabu (8/8/2018).

Pihaknya masih bersyukur, sebab peristiwa itu tak terjadi pada pipa dari sumber utama dengan ukuran lebih besar, yakni 6 dim yang ada di seberang jalan‎. Sebab, bila terjadi, bisa lebih merepotkan warga setempat juga pengelola PDAM.‎

Akibat kejadian ini, lalu lintas kendaraan dari arah Tuban menuju Rengel dan sebaliknya sempat terganggu beberapa saat. Air yang memancar dari pipa yang jebol, membawa serta tanah berwarna merah ke jalanan. [feb/col]